DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Meningkatkan Aktivitas, Motivasi dan Hasil Belajar Pada Materi Volume Balok Menggunakan Model SENANG Untuk Siswa Kelas V SDN Sungai Tandipah
PENGARANG:GUSTI ZENA MENTARI SAPUTRI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-09-22


Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya aktivitas, motivasi, dan hasil belajar siswa pada materi volume balok untuk siswa kelas V SDN Sungai Tandipah. Penyebab dari masalah tersebut adalah pembelajaran tidak bermakna, pembelajaran kurang menarik, dan pembelajaran satu arah. Solusinya yaitu menggunakan model SENANG. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru dan menganalisis aktivitas, motivasi, serta hasil belajar pada materi volume balok menggunakan model SENANG untuk siswa kelas V SDN Sungai Tandipah.

Pendekatan penelitian ialah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan dilaksanakan dalam 4 pertemuan di kelas V SDN Sungai Tandipah yang berjumlah 8 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, dan tes. Analisis data berupa analisis deskriptif dan crosstable. Indikator keberhasilan aktivitas siswa dengan skor 17-20 dengan klasikal ≥80% dan motivasi dengan skor 39-48 dengan klasikal ≥80% serta hasil belajar individu semua siswa ≥70 KKM dengan klasikal ≥80%.

Hasil penelitian menujukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan 1 sampai 4 sudah terlaksana sesuai rencana dari skor 15 menjadi 22 dengan kriteria “sangat baik”. Aktivitas siswa pada pertemuan 1 sampai 4 meningkat dari 25% menjadi 87,5% dengan kriteria “hampir seluruhnya”. Motivasi belajar siswa pada pertemuan 1 sampai 4 meningkat dari 25% menjadi 100% dengan kriteria “seluruhnya”. Hasil belajar siswa pada pertemuan 1 sampai 4 meningkat dari 25% menjadi 100% dengan kriteria “seluruhnya”.

Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa model SENANG dapat meningkatkan aktivitas, motivasi, dan hasil belajar siswa. Adapun saran bagi kepala sekolah yaitu sebagai salah satu bahan atau informasi dalam rangka pembinaan guru-guru terutama dalam memilih model-model pembelajaran. Bagi guru yaitu dapat menjadi salah satu alternatif atau pertimbangan dalam memilih model pembelajaran Matematika materi Volume Balok. Dan peneliti berikutnya yaitu dapat dijadikan salah satu referensi dalam melakukan penelitian selanjutnya.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI