DIGITAL LIBRARY



JUDUL:STRATEGI PENGEMBANGAN OBYEK WISATA PANTAI PAGATAN BERBASIS EKONOMI KREATIF DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN MASYARAKAT KOTA PAGATAN KABUPATEN TANAH BUMBU
PENGARANG:HATIKA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-09-22


Penelitian ini mempunyai tujuan yaitu untuk menganalisis (1) faktor internal dan eksternal pengembangan wisata Pantai Pagatan di kota Pagatan kabupaten Tanah Bumbu, dan (2) untuk menganalisis strategi pengembangan obyek wisata Pantai Pagatan berbasis ekonomi kreatif dalam meningkatkan pendapatan masyarakat kota Pagatan kabupaten Tanah Bumbu. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, dokumentasi dan teknik wawancara melaui kuisioner dengan 100 (wisatawan), 71 (masyarakat) dan 7 (informan kunci). Teknik analisis dilakukan dengan menggunakan Analisis SWOT.

Hasil penelitian menunjukkan pengembangan srategi yang paling tepat adalah strategi W-O (1) Memperluas promosi obyek wisata secara optimal dengan memanfaatkan lokasi obyek wisata yang strategis dan teknologi informasi dalam mempromosikan obyek wisata ini (2) Menciptakan barang-barang cinderamata atau souvenir dengan mengembangkan industri kreatif yang memunculkan ciri khas daerah tersebut. Diharapkan dengan adanya penelitian ini memberikan kontribusi dan masukan dalam pengembangan obyek wisata berbasis ekonomi kreatif yang dapat mengintegrasikan keindahan alam, budaya, kuliner dan produk khas daerah sehingga dapat meningkatkan pendapatan masyarakat Kota Pagatan.

Kata Kunci: Strategi Pengembangan, Obyek Wisata Pantai Pagatan, Ekonomi Kreatif, SWOT, Pendapatan Masyarakat

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI