DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | HALAMAN JUDUL MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PPKn DAERAH TEMPAT TINGGALKU MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING, THINK PAIR AND SHARE DAN TALKING STICK DI KELAS 4 SDN TELUK TIRAM 5 BANJARMASIN | |
PENGARANG | : | MUHAMMAD RIDANI | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2021-09-22 |
ABSTRAK
Ridani. Muhammad, 2021. Meningkatkan Hasil Belajar PPKn Daerah Tempat Tinggalku menggunakan Kombinasi Model Contextual Teaching and Learning, Think Pair and Share dan Talking Stick di Kelas 4 SDN Teluk Tiram 5 Banjarmasin. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: Drs. H. Ramadi, M.Pd.
Kata Kunci: Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Keberagaman dalam Kehidupan Sehari-hari, Contextual Teaching And Learning, Think Pair Share dan Talking Stick.
Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa di kelas 4 SDN Teluk Tiram 5 Banjarmasin yang disebabkan oleh proses pembelajaran yang dilakukan guru dalam penyampaian materi lebih banyak mengggunakan metode ceramah dan bersifat satu arah (teacher center), pembelajaran membosankan dan siswa kurang berpartisipasi saat proses pembelajaran serta belum berpikir kritis, siswa masih kurang berani dan percaya diri dalam menyampaikan pendapat atau menyampaikan sebuah gagasan, dan kondisi pembelajaran kurang menyenangkan dan menarik bagi siswa sehingga mengakibatkan hasil belajar siswa tidak memenuhi KKM yang ditetapkan sekolah yaitu 70. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan menganalisis peningkatan hasil belajar siswa pada materi Keberagaman dengan kombinasi model Contextual Teaching And Learning, Think Pair Share dan Talking Stick.
Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan dilaksanakan dalam 4 kali pertemuan di kelas 4 SDN Teluk Tiram 5 Banjarmasin dengan jumlah siswa sebanyak 10 orang. Data dianalisis secara kualitatif , yaitu aktivitas guru dan aktivitas siswa, dan secara kuantitatif, yaitu hasil belajar siswa, kemudian dianalisis dengan teknik deskriptif dan digambarkan dalam bentuk tabel dan grafik, selanjutnya diinterpretasikan dengan menggunakan kriteria pada masing-masing indikator keberhasilan aktivitas guru dan aktivitas siswa, serta tercapainya ketuntasan belajar siswa secara individual dan klasikal.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan I, mencapai kriteria baik, pertemuan II mencapai kriteria baik, pertemuan III mencapai kriteria sangat baik, dan pertemuan IV mencapai kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada pertemuan I mencapai kriteria cukup aktif, pertemuan II mencapai kriteria cukup aktif, pertemuan III mencapai kriteria aktif, dan pertemuan IV mencapai kriteria sangat aktif. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada pertemuan I mencapai 60%, pertemuan II mencapai 70%, pertemuan III mencapai 80%, dan pertemuan IV mencapai 90%.
Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa aktivitas guru terlaksana dengan sangat baik, aktivitas siswa sangat aktif, serta hasil belajar meningkat dan mencapai ketuntasan secara individu maupun klasikal menggunakan dengan kombinasi model Contextual Teaching And Learning, Think Pair Share dan Talking Stick pada Keragaman dalam Kehidupan Sehari-hari. Hasil penelitian ini dapat disarankan sebagai bahan masukan dan pertimbangan dalam menentukan atau memilih model pembelajaran dalam upaya peningkatan pelaksanaan pembelajaran di kelas.
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI