DIGITAL LIBRARY



JUDUL:HALAMAN JUDUL MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PPKn DAERAH TEMPAT TINGGALKU MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING, THINK PAIR AND SHARE DAN TALKING STICK DI KELAS 4 SDN TELUK TIRAM 5 BANJARMASIN
PENGARANG:MUHAMMAD RIDANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-09-22


ABSTRAK

Ridani. Muhammad, 2021. Meningkatkan Hasil Belajar PPKn  Daerah Tempat Tinggalku menggunakan Kombinasi Model Contextual Teaching and Learning, Think Pair and  Share dan Talking Stick di Kelas 4 SDN Teluk Tiram 5 Banjarmasin. Skripsi  Program  S1  Pendidikan  Guru  Sekolah  Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: Drs. H. Ramadi,  M.Pd. 

Kata  Kunci:  Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Keberagaman dalam Kehidupan Sehari-hari, Contextual Teaching And Learning, Think Pair Share dan Talking Stick.

Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa di kelas 4 SDN Teluk Tiram 5 Banjarmasin yang disebabkan oleh proses pembelajaran yang dilakukan guru dalam penyampaian materi lebih banyak mengggunakan metode ceramah dan bersifat satu arah (teacher center), pembelajaran membosankan dan siswa kurang berpartisipasi saat proses pembelajaran serta belum berpikir kritis, siswa masih kurang berani dan percaya diri dalam menyampaikan pendapat atau menyampaikan sebuah gagasan, dan kondisi pembelajaran kurang menyenangkan dan menarik bagi siswa sehingga mengakibatkan hasil belajar siswa tidak memenuhi KKM yang ditetapkan sekolah yaitu 70.  Tujuan  penelitian  ini  adalah  untuk  mendeskripsikan aktivitas  guru,  aktivitas  siswa,  dan  menganalisis peningkatan  hasil  belajar  siswa  pada materi Keberagaman dengan kombinasi model Contextual Teaching And Learning, Think Pair Share dan Talking Stick.

Penelitian  ini  menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan dilaksanakan dalam 4 kali pertemuan di kelas 4 SDN Teluk Tiram 5 Banjarmasin dengan jumlah siswa sebanyak 10 orang. Data dianalisis secara kualitatif , yaitu aktivitas guru dan aktivitas siswa, dan secara kuantitatif, yaitu hasil belajar siswa, kemudian dianalisis dengan teknik deskriptif dan digambarkan dalam bentuk tabel dan grafik, selanjutnya diinterpretasikan dengan menggunakan kriteria pada masing-masing indikator keberhasilan aktivitas guru dan aktivitas siswa, serta tercapainya ketuntasan belajar siswa secara individual dan klasikal.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan I, mencapai kriteria baik, pertemuan II mencapai kriteria baik, pertemuan III mencapai kriteria sangat baik, dan pertemuan IV mencapai kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada pertemuan I mencapai kriteria cukup aktif, pertemuan II mencapai kriteria cukup aktif, pertemuan III mencapai kriteria aktif, dan pertemuan IV mencapai kriteria sangat aktif. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada pertemuan I mencapai 60%, pertemuan II mencapai 70%, pertemuan III mencapai 80%, dan pertemuan IV mencapai 90%.

Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa aktivitas  guru  terlaksana dengan sangat baik, aktivitas siswa sangat aktif, serta  hasil belajar  meningkat dan mencapai ketuntasan secara individu maupun klasikal menggunakan dengan kombinasi model Contextual Teaching And Learning, Think Pair Share dan Talking Stick pada Keragaman dalam Kehidupan Sehari-hari. Hasil penelitian ini dapat disarankan  sebagai bahan masukan dan pertimbangan dalam menentukan atau memilih model pembelajaran dalam upaya peningkatan pelaksanaan pembelajaran di kelas.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI