DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS, MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PADA KETERAMPILAN MEMBACA MENGGUNAKAN MODEL HARUAN (HAPPY READING USE EXPRESSION) PADA SISWA KELAS IV SDN ABUNG SURAPATI HST
PENGARANG:JAUHAR LATIFAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-09-22


Latifah, Jauhar.2021. Meningkatkan Aktivitas, Motivasi dan Hasil Belajar PadaKeterampilan Membaca Menggunakan Model HARUAN (Happy ReadingUse Expression) Pada Siswa Kelas IV SDN Abung Surapati HST SkripsiProgramS1PendidikanGuruSekolahDasar, Fakultas Keguruan danIlmuPendidikan,UniversitasLambungMangkuratBanjarmasin.Pembimbing: Prof. Dr. Hj.Aslamiah, M.Pd., Ph.D.

 

Kata Kunci: Aktivitas Belajar, Motivasi Belajar, Hasil Belajar, Model HARUANPermasalahanpenelitianiniadalahrendahnyaaktivitas,motivasidan

 

hasilbelajarsiswaterhadapketerampilanmembacapadamuatanBahasa

 

Indonesia pada siswa kelas IV SDN Abung Surapati HST yang disebabkan olehkesulitan mengingat materi yang diberikan, kurangnya motivasi siswa dalampembelajaran,dan kurangnya keterlibatan siswa dalam prosespembelajaran.Solusidalammengatasimasalahdiatasadalahmelakukanpembelajaranmenggunakan Model Pembelajaran HARUAN. Tujuanpenelitianiniadalahuntukmendeskripsikanaktivitasgurudanmenganalisisaktivitassiswa,motivasi belajar siswadan hasilbelajar siswa pada keterampilan membacapembelajaran Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku dengan Model HARUAN padasiswakelasIV SDNAbungSurapati.

 

Penelitianinimenggunakanpenelitiantindakankelas(PTK)dandilaksanakan dalam 4 kali pertemuan di kelas IV SDN Abung Surapati HSTyang berjumlah 7 orang siswa. Analisis data dilakukan secara deskriptif dancrosstableyangdigambarkandalambentuktabeldangrafik,selanjutnyadiinterpretasikan dengan menggunakan kriteria pada masing-masing indikatorkeberhasilan aktivitas guru, aktivitas siswa, motovasi belajar serta tercapainyaketuntasan hasil belajar siswa secara individual dan klasikal. Data dikumpulkandenganteknik observasi, angket, dan tes tertulis.

 

Hasilpenelitianmenujukkanbahwaaktivitasgurupadasetiappertemuan terlaksana sesuai rencana dari skor18kriteria “baik”, meningkatmenjadiskor27kriteria“sangatbaik”.Aktivitassiswajugamengalamipeningkatanpadapertemuan1memperoleh29%kriteria“Tidakada”danmeningkatpadapertemuan4menjadi100%kriteria“Seluruhnya”.Danmotivasibelajarsiswajugamengalamipeningkatanpadapertemuan1memperoleh43%kriteria“Tidakada”danmeningkatpadapertemuan4menjadi 100% kriteria “Seluruhnya”. Begitu pula dengan hasil belajar siswapadapertemuan1memperoleh28,57%danmeningkatpadapertemuan4menjadi 100%.

Berdasarkan temuan dan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan model pembelajaran HARUAN dapat meningkatkan aktivitas, motivasi dan hasil belajar siswa. Adapun saran bagi kepala sejolah, guru, dan peneliti lain hasil penelitian ini dijadikan sebagai bahan, informasi atau alternatif dalam memilih model pembelajaran Bahasa Indonesia khususnya Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku serta dapat dijadikan referensi dalam melakukan penelitian berikutnya.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI