DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BAHASA DALAM BERBICARA DENGAN MENYUSUN KALIMAT SEDERHANA MENGGUNAKAN MODEL TAS AJAIB KELOMPOK B TK SAYANG IBU HST DESA CUKAN LIPAI
PENGARANG:NADHIA AQIDATUL JANNAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-09-22


Abstrak 

Jannah, Aqidatul Nadhia. 2021Mengembangkan Kemampuan Bahasa dalam Berbicara dengan Menyusun Kalimat Sederhana Menggunakan Model Talking Stick, Tanya Jawab dengan Media Boneka Tangan Kelompok B TK Sayang Ibu HST Desa Cukan Lipai.Skripsi Program PG-PAUD FKIP Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Dosen Pembimbing Dr. Hj. Asniwati, S.Pd., M.Pd.

Kata kunci :Bahasa, berbicara, menyusun kalimat sederhana, Model Talking Stick, Tanya Jawab, Boneka Tangan.

                                

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil perkembangan bahasa dalam berbicara dengan menyusun kalimat sederhana. Hal ini disebabkan oleh model pembelajaran tidak variative, kurang media pembelajaran dan anak kurang aktif. Solusinya menggunakan model talking stick, tanya jawab, dengan media boneka tangan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas anak, dan hasil perkembangan anak dalam menunjukkan aktivitas anak dalam berbicara dengan menyusun kalimat sederhana.

 

Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan dalam 3 kali pertemuan. Setting penelitian ini dilakukan pada anak kelompok B TK Sayang Ibu dengan jumlah anak sebanyak 10 anak yang terdiri dari 5 anak laki-laki dan 5 anak perempuan. Data diperoleh dari lembar observasi aktivitas guru, aktivitas anak, hasil perkembangan anak dalam pengembangan bahasa. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah jika aktivitas guru memenuhi kriteria sangat baik dan aktivitas anak mendapat kriteria sangat aktif, dan hasil perkembangan memenuhi kategori bintang êêêê (BSB).

 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru saat mengembangkan bahasa melalui model Talking Stick, Tanya Jawabdan media boneka Tangan dengan indikator yang ditetapkan, yaitu mendapat skor 97% kriteria sangat baik, aktivitas anak mendapat skor 90% kriteria sangat aktif, hasil perkembangan aspek bahasa anak disetiap pertemuannya terjadi peningkatan dengan skor 90% mendapat bintang êêêdan êêêê atau berkembang sangat baik (BSB).

Berdasarkan hasil temuan dalam penelitian dapat disimpulkan aktivitas guru, aktivitas anak, dan hasil perkembangan bahasa anak dalam berbicara dengan menyusun kalimat sederhana menunjukkan peningkatan sangat baik,saran bagibkepala sekolah hasil penelitian ini bisa dijadikan bahan pembinaan kepada guru sehingga mencapai indikator keberhasilan kepada guru untuk menjadikan bahan dalam pembelajaran di TK dengan menggunakanmodel Talking Stick, Tanya Jawab dan media Boneka Tangan karena dapat mengembangkan hasil perkembangan anak dan bagi peneliti lain dijadikan bahan referensi.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI