DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PPKn MATERI INDAHNYA KERAGAMAN BUDAYA NEGERIKU MENGGUNAKAN MODEL GROUP INVESTIGATION (GI) , NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT), DAN THINK PAIR SHARE (TPS) KELAS 4A SDN ANJIR SERAPAT MUARA KABUPATEN BARITO KUALA
PENGARANG:MAHPUT AL ANSORI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-09-22


Ansori, Mahput Al. 2021. Meningkatkan Hasil Belajar PPKn Materi Indahnya

Keragaman Budaya Negeriku Menggunakan Model Group Investigation (GI), Numbered Head Together (NHT), dan Think Pair Share (TPS)  Kelas 4A SDN Anjir Serapat Muara Kabupaten Barito Kuala.Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Dr. Hj. Susilawaty, M.Pd.

 

Kata Kunci : Aktivitas Belajar, Hasil Belajar,  Indahnya Keragaman Budaya Negeriku, Group Investigatin (GI), Numbered Head Together (NHT), Think Pair Sahre (TPS).

 

Permasalahan yang diteliti adalah rendahnya aktivitas siswa dalam muatan pembelajaran PPKn materi Indahnya Keragaman Budaya Negeriku berdampak pada hasil belajar yang disebabkan  karena kurangnya semangat siswa dalam belajar, kurangnya interaksi komunikasi antar siswa, dan pembelajaran bersifat satu arah,  yang mengakibatkan rendahnya hasil belajar Untuk solusi dari masalah tersebut maka peneliti menggunakan kombinasi Model Pembelajaran Group Investigatin (GI), Numbered Heads Together (NHT), Think Pair Sahre (TPS). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa dalam proses pembelajaran yang dilaksanakan.

            Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif 3 kali pertemuan. Analisis data berupa data kualitatif diperoleh dari data hasil observasi aktivitas guru dan siswa. Data kuantitatif diperoleh dari hasil evaluasi belajar siswa.

Hasil penelitian pada pertemuan terakhir menunjukkan bahwa aktivitas guru memperoleh skor 26  dengan kriteria sangat baik, aktivitas siswa mencapai 90% dengan kriteria sangat aktif, dan hasil belajar siswa pada pertemuan 3 mencapai ketuntasan 100%.

                Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa  Penerapan Model Group Investigatin (GI), Numbered Heads Together (NHT), Think Pair Sahre (TPS), Aktivitas guru terlaksana dengan sangat baik, terjadi peningkatan  aktivitas siswa, serta terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada materi Indahnya Keragaman Budaya Negeriku, sehingga hipotesis dapat diterima. Disarankan  hasil penelitian ini salah satu bahan pertimbangan untuk meningkatkan proses pembelajaran serta meningkatkan hasil belajar siswa khususnya dalam pembelajaran PPKn materi Indahnya Keragaman Budaya Negeriku.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI