DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA MATERI KAYANYA NEGERIKU MENGGUNAKAN MODEL PIG NUMBER PADA KELAS IV SDN ANJIR SERAPAT MUARA
PENGARANG:LISA MUNICA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-09-22


Munica, Lisa. 2021. Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Materi Kayanya Negeriku Menggunakan Model Pig Number Pada Kelas IV SDN Anjir Serapat Muara. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Dr. Novitawati, S.Psi,. M.Pd

Kata Kunci : Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Picture and picture, Jigsaw, dan Numbered Head Together (NHT).

 

Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya aktivitas belajar siswa kelas IV SDN Anjir Serapat Muara terhadap pembelajaran IPA. Masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya semangat siswa dalam mengikuti pembelajaran, kurangnya kemampuan siswa dalam bekerjasama, siswa sulit untuk berpikir kritis dan tidak memahami materi pembelajaran. Permasalahan tersebut diakibatkan oleh proses pembelajaran hanya berpusat pada guru sehingga siswa kurang terlibat dalam pembelajaran. Metode mengajar yang sering digunakan adalah ceramah saja. Upaya yang dilakukan adalah dengan menggunakan kombinasi model Pictur and picture, Jigsaw, dan Numbered Head Together (NHT).

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif 3 kali pertemuan. Analisis data berupa data kualitatif diperoleh dari data hasil observasi aktivitas guru dan siswa. Data kuantitatif diperoleh dari hasil evaluasi belajar siswa. Hasil penelitian pada pertemuan terakhir menunjukkan bahwa aktivitas guru memperoleh skor 32 dengan kriteria sangat baik, aktivitas siswa mencapai 90% dengan kriteria sangat aktif, dan hasil belajar siswa pada pertemuan 3 mencapai ketuntasan 100%.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pertemuan 1 sampai pada pertemuan 4 memperoleh skor 30 sampai 32 dengan kriteria “Sangat Baik”. Disebabkan guru selalu melaksanakan refleksi setelah melaksanakan kegiatan pembelajaran. Aktivitas siswa secara klasikal pada pertemuan 1 meningkat pada pertemuan 3 dari memperoleh 65% menjadi 90% (klasikal)dengan kriteria “Sangat Aktif”. Dikarenakan siswa dilbatkan secara langsung dalam proses pembelajaran sehingga mampu berpikir kritis. Hasil belajar siswa secara keseluruhan pada pertemuan 1 memperoleh 75% dan meningkat pada pertemuan 3 menjadi 100% (klasikal). Disebabkan meningkatnya kualitas guru yang berdampak pada meningkatnya hasil belajar.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Picture and picture, Jigsaw, dan Numbered Head Together (NHT), Aktivitas guru terlaksana dengan sangat baik, terjadi peningkatan aktivitas siswa, serta terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada materi Sumber-sumber Energi, sehingga hipotesis dapat diterima. Disarankan model ini dapat dijadikan salah satu bahan pertimbangan dalam meningkatkan proses pembelajaran serta meningkatkan hasil belajar siswa khususnya dalam pembelajaran IPA materi Sumber-sumber Energi.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI