DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS, DISIPLIN, DAN HASIL BELAJAR PADA MUATAN IPA MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL INGATAN TEMAN UNTUK SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR AUSTRAL BYNA BANJARMASIN
PENGARANG:DENNI IHZA FAHLEVI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-09-23


 

ABSTRAK

 

Fahlevi, Denni Ihza. 2021. Meningkatkan Aktivitas, Disiplin, dan Hasil Belajar pada Muatan IPA Menggunakan Kombinasi Model INGATAN TEMAN untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Austral Byna Banjarmasin. Skripsi  Program  S-1  Pendidikan  Guru  Sekolah  Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing, Prof. Dr. Hj. Aslamiah, M.Pd., Ph.D.

 

 

 

Kata  Kunci:  Aktivitas Belajar,  Disiplin Belajar, Hasil Belajar, Model INGATAN TEMAN

 

 

 

Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya aktivitas, disiplin, dan hasil belajar siswa di kelas IV Sekolah Dasar Austral Byna Banjarmasin yang disebabkan
pembelajaran tidak menarik, kurangnya disiplin dalam kegiatan belajar, dan rendahnya keterlibatan siswa
.  Tujuan  penelitian  ini  adalah  untuk  mendeskripsikan dan menganalisis aktivitas  guru,  aktivitas  siswa, disiplin belajar dan  hasil  belajar  siswa pada  mata pelajaran IPA materi gaya dan gerak dengan kombinasi modelINGATAN TEMAN (Inquiry Learning (IL) Somatic Auditory Visualization Intellectually (SAVI)dan Team Game Tournament (TGT)).

 

Penelitian  ini  menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) dan dilaksanakan dalam 3 kali pertemuan di kelas IV Sekolah Dasar Austral Byna Banjarmasin dengan jumlah siswa sebanyak 15 orang. Analisis data dilakukan secara deskriptif dan crosstable yang digambarkan dalam bentuk tabel dan grafik, selanjutnya diinterpretasikan dengan menggunakan kriteria pada masing-masing indikator keberhasilan aktivitas guru dan aktivitas siswa, disiplin belajar, serta tercapainya ketuntasan belajar siswa secara individual dan klasikal. Data dikumpulkan dengan teknik observasi, angket, dan tes tertulis.

 

Hasil  penelitian  menujukan bahwa aktivitas guru pada setiap pertemuan selalu terlaksana dengan kriteria “Sangat Baik” dengan memperoleh skor 42 meningkat menjadi skor 47. Aktivitas siswa mengalami peningkatan, pada pertemuan 1 memperoleh 60% kriteria “Sebagian Besar” dan meningkat pada pertemuan 3 menjadi 87% kriteria “Hampir Seluruhnya”. Kemudian disiplin belajar siswa pada pertemuan 1 memperoleh 67% kriteria “Sebagian Besar” dan meningkat pada pertemuan 3 menjadi 87% kriteria “Hampir Seluruhnya”. Begitu pula dengan hasil belajar siswa pada pertemuan 1 memperoleh 67% dengan kriteria “Sebagian Besar” dan meningkat pada pertemuan 3 menjadi 87% dengan kriteria “Hampir Seluruhnya”.

 

Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa model INGATAN TEMAN dapat meningkatkan aktivitas, disiplin, dan hasil belajar siswa. Adapun saran bagi guru, kepala sekolah, dan peneliti lain hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai salah satu bahan atau informasi atau alternatif dalam rmemilih model pembelajaran IPA khususnya tentang gaya dan gerak serta dapat dijadikan referensi dalam melakukan penelitian berikutnya.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI