DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | MENINGKATKAN AKTIVITAS, DISIPLIN, DAN HASIL BELAJAR PADA MUATAN IPA MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL INGATAN TEMAN UNTUK SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR AUSTRAL BYNA BANJARMASIN | |
PENGARANG | : | DENNI IHZA FAHLEVI | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2021-09-23 |
ABSTRAK
Fahlevi, Denni Ihza. 2021. Meningkatkan Aktivitas, Disiplin, dan Hasil Belajar pada Muatan IPA Menggunakan Kombinasi Model INGATAN TEMAN untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Austral Byna Banjarmasin. Skripsi Program S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing, Prof. Dr. Hj. Aslamiah, M.Pd., Ph.D.
Kata Kunci: Aktivitas Belajar, Disiplin Belajar, Hasil Belajar, Model INGATAN TEMAN
Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya aktivitas, disiplin, dan hasil belajar siswa di kelas IV Sekolah Dasar Austral Byna Banjarmasin yang disebabkan
pembelajaran tidak menarik, kurangnya disiplin dalam kegiatan belajar, dan rendahnya keterlibatan siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis aktivitas guru, aktivitas siswa, disiplin belajar dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi gaya dan gerak dengan kombinasi modelINGATAN TEMAN (Inquiry Learning (IL) Somatic Auditory Visualization Intellectually (SAVI)dan Team Game Tournament (TGT)).
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) dan dilaksanakan dalam 3 kali pertemuan di kelas IV Sekolah Dasar Austral Byna Banjarmasin dengan jumlah siswa sebanyak 15 orang. Analisis data dilakukan secara deskriptif dan crosstable yang digambarkan dalam bentuk tabel dan grafik, selanjutnya diinterpretasikan dengan menggunakan kriteria pada masing-masing indikator keberhasilan aktivitas guru dan aktivitas siswa, disiplin belajar, serta tercapainya ketuntasan belajar siswa secara individual dan klasikal. Data dikumpulkan dengan teknik observasi, angket, dan tes tertulis.
Hasil penelitian menujukan bahwa aktivitas guru pada setiap pertemuan selalu terlaksana dengan kriteria “Sangat Baik” dengan memperoleh skor 42 meningkat menjadi skor 47. Aktivitas siswa mengalami peningkatan, pada pertemuan 1 memperoleh 60% kriteria “Sebagian Besar” dan meningkat pada pertemuan 3 menjadi 87% kriteria “Hampir Seluruhnya”. Kemudian disiplin belajar siswa pada pertemuan 1 memperoleh 67% kriteria “Sebagian Besar” dan meningkat pada pertemuan 3 menjadi 87% kriteria “Hampir Seluruhnya”. Begitu pula dengan hasil belajar siswa pada pertemuan 1 memperoleh 67% dengan kriteria “Sebagian Besar” dan meningkat pada pertemuan 3 menjadi 87% dengan kriteria “Hampir Seluruhnya”.
Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa model INGATAN TEMAN dapat meningkatkan aktivitas, disiplin, dan hasil belajar siswa. Adapun saran bagi guru, kepala sekolah, dan peneliti lain hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai salah satu bahan atau informasi atau alternatif dalam rmemilih model pembelajaran IPA khususnya tentang gaya dan gerak serta dapat dijadikan referensi dalam melakukan penelitian berikutnya.
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI