DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS MISKONSEPSI PESERTA DIDIK DENGAN MENGGUNAKAN THREE-TIER DIAGNOSTIC TEST PADA MATERI SUHU DAN KALOR
PENGARANG:SUPIANA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-09-23


 

Miskonsepsi merupakan kesalahpahaman dalam menghubungkan suatu konsep yang baru dengan konsep yang sudah ada dalam pikiran peserta didik, sehingga terbentuk konsep yang menyalahi konsep dari para ahli fisika. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat pemahaman konsep dan miskonsepsi fisika pada topik suhu dan kalor, dengan subjek penelitian 72 peserta didik kelas X TKJ SMKN 2 Banjarmasin. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu menggunakan tes diagnostik berwujud pilihan ganda tiga tingkat. Pada tingkat pertama berisi jawaban peserta didik, kemudian alasan dari jawaban, dan terakhir tingkat keyakinan. Analisis data dilakukan dengan menganalisis persentase pemahaman konsep dan miskonsepsi yang dialami oleh peserta didik. Adapun hasil yang diperoleh yaitu pemahaman konsep peserta didik dengan skor perolehan rata-rata 31,6 pada kategori kurang, dengan standar deviasi sebesar 20,7. Sedangkan untuk miskonsepsi yang dialami oleh peserta didik ditemukan sebesar 19,11% dan tergolong dalam kategori rendah.

 

Kata Kunci : Miskonsepsi, Konsep, Suhu dan Kalor.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI