DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA INTENSIF MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION DAN MODEL TALKING STICK SISWA KELAS 5 SDN HAPINGIN KECAMATAN BATANG ALAI UTARA KABUPATEN HULU SUNGAI TENGAH
PENGARANG:JAMILATUN HUSNA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-09-23


ABSTRAK

Husna, Jamilatun. 2021.Meningkatkan Keterampilan Membaca Intensif Menggunakan Model Cooperative Integrated Reading And Composition dan Model Talking Stick Siswa Kelas 5 SDN Hapingan Kecamatan Batang Alai Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Skripsi ProgramPendidikanGuruSekolahDasar,FakultasKeguruandanIlmuPendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. Dosen Pembimbing: Dr. Hj. Susilawaty, M. Pd.

 

Kata Kunci: Keterampilan Membaca Intensif, Cooperative Integrated Reading and Composition, Talking Stick.

 

Permasalahan yang terjadi pada penelitian ini yaitu siswa kurang aktif dalam pembelajaran sehingga kegiatan membaca menjadi tidak optimal dan berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa pembelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas 5 SDN Hapingan Kecamatan Batang Alai Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Salah satu upaya dalam meningkatkan keterampilan membaca intensif yaitu melalui model Cooperative Integrated Reading and Composition dan Talking Stick. Sehingga guru dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa dalam kegiatan membaca.

Penelitian ini bertujuan untuk dari penelitian ini adalah mendeskripsikan kualitas aktivitas guru, aktivitas siswa dan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dengan 3 kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas 5SDN Hapingan Kecamatan Batang Alai Kabupaten Hulu Sungai Tengahtahun pelajaran 2020/2021 dengan jumlah siswa sebanyak 15 orang siswa yang terdiri dari 4 orang siswa laki-laki dan 11 orang siswa perempuan. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualititaf dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh melalui observasi aktitivitas guru dan siswa. Data kuantitatif diperoleh melalui teknik pengukuran dengan tes tertulis secara individu.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan 1 mencapai kriteria baik, pertemuan 2 mencapai kriteria sangat baik, dan pertemuan 3 mencapai kriteria sangaat baik. Aktivitas siswa pada pertemuan 1 mencapai kriteria kurang aktif, pada pertemuan kedua mencapai kriteria aktif, dan pada pertemuan 3 mencapai kriteria sangat aktif. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada pertemuan 1 mencapai 33%, pertemuan 2 mencapai 66.66%, dan pertemuan 3 mencapai 86,66%.

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa Model Cooperative Integrated Reading and Composition dan Talking Stick dapat meningkatkan aktivitas serta hasil belajar siswa dan hipotesis dapat disarankan sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan aktivitas siswa, khususnya pada mata pelajaran Bahasa Indonesia.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI