DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI KELILING DAN LUAS PERSEGI PANJANG MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) SERTA ALAT PERAGA GEOBOARD PADA SISWA KELAS IV SDN KARANG DUKUH BARITO KUALA
PENGARANG:EMILIA DEWI LESTARI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-09-23


Lestari, Emilia Dewi. 2021. Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Keliling dan Luas Persegi Panjang Menggunakan Kombinasi Model Pembelajaran Discovery Learning dan Numbered Heads Together (NHT) Serta Alat Peraga Geoboard Pada Siswa Kelas IV SDN Karang Dukuh Barito Kuala. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Prasekolah dan Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Drs. Sunarno, M.Pd.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Keliling dan Luas Persegi Panjang, Discovery Learning, Numbered Heads Together (NHT) dan Alat Peraga Geoboard.

Permasalahan dalam penelitian ini adalah Rendahnya hasil belajar siswa terjadi karena proses pembelajaran monoton sehingga siswa cepat merasa bosan dan tidak bersemangat dalam belajar, hal ini karena metode pembelajaran yang diterapkan adalah metode ceramah. Pembelajaran yang terjadi juga hanya satu arah sehingga siswa cenderung pasif dan hanya menyimak saja, hal ini disebabkan oleh siswa yang tidak berani untuk bertanya dan malu untuk memberikan tanggapannya. Siswa juga mengalami kesulitan memahami konsep dan memecahkan masalah yang dipelajari yaitu mengenai bangun datar, mulai dari menentukan sisi, menentukan rumus, hingga melakukan operasi hitung matematika yaitu keliling dan luas persegi panjang yang disebabkan karena materi pembelajarannya abstrak dan siswa cenderung beranggapan matematika itu sulit. Sehingga, masih ada siswa yang belum mampu mencapai KKM dengan nilai ≥70 untuk mata pelajaran Matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar pada materi keliling dan luas persegi panjang dengan kombinasi model Discovery Learning dan Numbered Heads Together (NHT) Serta Alat Peraga Geoboard. 

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan selama dua siklus. Setting penelitian dilakukan di SDN Karang Dukuh Barito Kuala pada siswa kelas IV dengan jumlah siswa 23 orang tahun ajaran 2020/2021. Jenis data yang digunakan yaitu data kualitatif berupa lembar observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa dalam kegiatan pembelajaran serta data kuantitatif berupa hasil belajar siswa yang diperoleh melalui tes tertulis. Penelitian ini dikatakan berhasil apabila dalam pembelajaran Aktivitas guru mencapai kategori sangat baik, aktivitas siswa mencapai kategori sangat aktif dan hasil belajar siswa secara klasikal mencapai 80% siswa yang mencapai KKM ≥70. 

Hasil penelitian menunjukkan aktivitas guru kategori sangat baik pada Siklus II, aktivitas siswa kategori sangat aktif pada Siklus II dan hasil belajar siswa meningkat pada Siklus II. 

Berdasarkan hasil penelitian penggunaan kombinasi model pembelajaran Discovery Learning dan Numbered Heads Together (NHT) Serta Alat Peraga Geoboard dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar dalam pembelajaran. Oleh karena itu, dapat dijadikan sebagai bahan masukan, referensi, informasi dan dasar pengembangan bagi penelitian selanjutnya dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan kombinasi model Discovery Learning dan Numbered Heads Together (NHT) Serta Alat Peraga Geoboard.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI