DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR MENGGUNAKAN MODEL SAYANG MAMAH
PENGARANG:NADIANI KURNIA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-09-23


Permasalahan pada penelitian ini terletak pada rendahnya aktivitas siswa dan hasil belajar siswa pada muatan Ilmu Pengetahuan Sosial Tema Lingkungan Sahabat Kita kelas V SDN Tinggiran Baru 4 yang disebabkan oleh proses pembelajaran bersifat satu arah, kurangnya pemahaman konsep IPS, kurangnya rasa percaya diri dan kurang tertarik terhadap pembelajaran hal ini dilihat dari kenyataan di sekolah bahwa siswa belum mampu berpikir kritis, kurangnya komunikasi dan kerjasama, siswa belum mampu mengungkapkan pendapat, siswa cenderung pasif sehingga berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Upaya meningkatkan hasil aktivitas dan hasil belajar menggunakan Model Sayang Mamah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kualitas aktivitas siswa dan hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan empat pertemuan. Subjek penelitian siswa Kelas V SDN Tinggiran Baru 4 tahun ajaran 2020/2021 berjumlah 14 siswa. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantatif melalui observasi aktivitas guru dan siswa. Data kuantitatif diperoleh melalui teknik pengukuran tes tertulis secara individu. Analisis data dilalukan dengan teknik deskriptif kualitatif yang dijabarkan dengan tabel dan grafik disajikan dengan persentase serta indikator keberhasilan dan Indikator ketuntusan belajar yang ditetapkan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa pada pertemuan 1 memperoleh 14,28%,pertemuan 2 memperoleh 42,86%, pertemuan 3 memperoleh 64,28% dan pertemuan 4 memperoleh 85,71%. Aktivitas guru pada pertemuan 1 mencapai kriteria cukup baik, pertemuan 2 mencapai kriteria baik , pertemuan 3 mencapai kriteria baik dan pertemuan 4 mencapai kriteria sangat baik. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pertemuan 1 14,28%, pertemuan 2 42,86%, , pertemuan 3 64,28% dan pertemuan 4 85,71%.

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa Model Sayang Mamah pada siswa kelas V SDN Tinggiran Baru 4 dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Disarankan dengan penggunaan model tersebut dapat dijadikan salah satu alternatif dalam meningkatkan aktivitas siswa yang berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa, pada muatan IPS Tema Lingkungan Sahabat Kita.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI