DIGITAL LIBRARY



JUDUL:SKRIPSI Analisis Isi Pesan Himbauan Kesehatan Pada Akun Youtube Yulia Baltschun (Video Versi “Apa Yang Harus Dimakan Biar Kurus”) Diajukan sebagai salah satu syarat untuk memperoleh gelar sarjana (S1) Pada Program Studi Ilmu Komunikasi
PENGARANG:YULIA SAFARIDA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-09-23


ABSTRAK

Yulia Safarida, 1610414320038, 2021, Analisis Isi Pesan Himbauan Kesehatan Pada Akun Youtube Yulia Baltschun (Video Versi “Apa Yang Harus Dimakan Biar Kurus”). Dibimbing oleh Noviana Sari dan Achmad Bayu Chandrabuwono.

Berkembangnya media sekarang ini penyampaian pesan kesehatan dapat dilakukan melalui media baru seperti youtube. Dari akun youtube Yulia Baltschun salah satu konten yang menarik perhatian peminat diet adalah konten dengan judul “Apa Yang Harus Dimakan Biar Kurus”. Konten video dengan jumlah tayangan 2,3 juta ini berisi tentang tips dan cara bagaimana mendapatkan berat badan ideal dengan mudah tanpa harus menyiksa diri sendiri dengan diet yang ketat.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Teknis analisis data yang digunakan adalah analisis isi, dan teknik pengumpulan data yaitu dengan observasi, dokumentasi, dan studi literatur dengan menganalisis video tersebut berdasarkan pesan himbauan kesehatan.

Hasil dari peneltian ini pesan himbauan kesehatan yang paling banyak ditampilkan dalam video akun youtube Yulia Batschun: Apa yang harus dimakan biar kurus terdapat 13 narasi yang dimana terdapat himbauan pesan kesehatan yang paling menonjol yaitu tentang mengatur pola jam makan saat berdiet, makanan apa saja yang baik untuk disantap saat berdiet, serta mengenai makanan junk food/instant food. Dan untuk pesan himbauan kesehatan yang paling menonjol adalah himbauan Rasional terdapat 4 narasi dan untuk himbauan emosional sebanyak 8 narasi yang dilengkapi dengan gambar serta tulisan, sedangkan untuk motivasional serta ganjaran masing-masing 1 narasi.

 

Kata Kunci : Analisis Isi, Youtube, Pesan Kesehatan


 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI