DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PADA KETERAMPILAN MENULIS INFORMASI PENTING TEKS NARASI TEMA 7 PERISTIWA DALAM KEHIDUPAN MENGGUNAKAN MODEL WARTAWAN SISWA KELAS 5 SDN KARANG DUKUH BARITO KUALA
PENGARANG:HILMAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-09-23


ABSTRAK

Hilmah. 2021. Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar pada Keterampilan Menulis Informasi Penting Teks Narasi Tema 7 Peristiwa dalam Kehidupan Menggunakan Model Wartawan Siswa Kelas V SDN Karang Dukuh Barito KualaSkripsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: Drs. H. Ramadi, M.Pd.

 

Kata Kunci: Aktivitas Belajar, Menulis, Hasil Belajar, Model WARTAWAN.

 

Permasalahan yang terjadi di kelas V SDN Karang Dukuh Barito Kuala ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa. Masalah ini muncul karena kurangnya pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran, kurangnya partisipasi aktif siswa, serta kurangnya interaksi antar siswa, dan kegiatan pembelajaran yang disajikan monoton sehingga kurang memotivasi siswa sehingga hasil belajar yang diperoleh siswa berada dibawah KKM yang telah ditetapkan yaitu 70. Oleh karena itu, perlu adanya inovasi dalam pembelajaran menggunakan model WARTAWAN (Kombinasi Model Think Talk Write (TTW), Mind Mapping, dan Numbered Heads Together (NHT)) dengan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru serta menganalisis aktivitas siswa dan peningkatan hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dengan empat kali pertemuan. Setting penelitian adalah siswa kelas V semester genap SDN Karang Dukuh Barito Kuala tahun pelajaran 2020/2021 dengan jumlah siswa sebanyak 10 orang. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kuantitatif. Data kuantitatif diperoleh dari hasil belajar melalui teknik pengukuran dengan tes tertulis secara individu. Analisis data dihitung berdasarkan skala persentase dan indikator ketuntasan belajar yang ditetapkan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru dalam melaksanakan pembelajaran setiap siklusnya telah terlaksana dengan baik dari siklus I dengan skor 23 kriteria “Baik” hingga siklus II dengan skor 29 kriteria “Sangat Baik”. Aktivitas siswa juga mengalami peningkatan pada siklus 1 memperoleh 65% kriteria “Aktif” dan meningkat pada siklus II menjadi 85% kriteria “Sangat Aktif”. Begitu pula dengan hasil belajar siswa pada siklus 1 memperoleh ketuntasan klasikal 50% dan meningkat pada siklus II menjadi 90%.

Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa model WARTAWAN dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Adapun saran bagi kepala sekolah, guru, dan peneliti lain agar dapat menjadikan hasil penelitian ini sebagai salah satu referensi dalam melakukan penelitian selanjutnya khususnya pada tema 7 Peristiwa Dalam Kehidupan siswa kelas V.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI