DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI HUBUNGAN GAYA DAN GERAK MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL JIGSAW, LEARNING, TOGETHER DI SEKOLAH DASAR KOTA BANJARMASIN
PENGARANG:NUR RIZQA AMALIA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-09-24


Permasalahan pada penelitian ini adalah minimnya kemampuan siswa
untuk berpikir kritis dalam memecahkan masalah, pembelajaran kurang
melibatkan siswa secara aktif, sehingga prosespembelajaran belum terlaksana sepenuhnya. Hal tersebut berdampakpada hasil belajar siswa yang tidak maksimal, sehingga perludiadakan penelitian ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikanaktivitas guru, aktivitas siswa dan untuk menganalisis peningkatkan hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan 4 kalipertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Belitung Utara 3 Banjarmasin tahun ajaran 2020/2021, dengan jumlah siswa sebanyak 10 orang, terdiri dari 4 orang laki-laki dan 6 orang perempuan. Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Datakualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa, sedangkan data kuantitatif diperoleh dari hasil belajar. Indikatorkeberhasilan penelitian ini adalah aktivitas guru mencapai kriteria “Sangat Baik”,aktivitas siswa mencapai kategori “Sangat Aktif”, dan ketuntasan belajar siswasecara klasikal mencapai ≥80% siswa mendapat nilai ≥70.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan 1
memperoleh skor 24(baik), meningkat menjadi 34 (sangat baik) pada
pertemuan 4, aktivitas siswa secara klasikal mencapai 30% (kurang aktif) pada
pertemuan 1 dan meningkat menjadi 100% (sangat aktif) pada pertemuan 4, serta
hasil belajar siswa secara klasikal mencapai 30% pada pertemuan 1 dan
meningkat menjadi 100% pada pertemuan 4.

Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa aktivitas guru
terlaksana dengan sangat baik, aktivitas siswa sangat aktif, serta hasil belajar
meningkat dan mencapai ketuntasan secara individu maupun klasikal
menggunakan Kombinasi Model Pembelajaran Jigsaw, Problem Based Learning (PBL) dan Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Disarankan model ini dijadikan salah satu alternatifdalam meningkatkan hasilbelajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI