DIGITAL LIBRARY



JUDUL:UPAYA MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR MELALUI LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK ABILITY POTENTIAL RESPONSE PADA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 25 BANJARMASIN
PENGARANG:RIZKI WIDIA WATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-09-24


ABSTRAK

 

Rizki Widia Wati. 2021. Upaya Meningkatkan Kemandirian Belajar Melalui Layanan Konseling Kelompok Dengan Teknik Ability Potential Response Pada Siswa Kelas VII Di SMP Negeri 25 Banjarmasin. Pembimbing: (I) Dr. Ririanti Rachmayanie Jamain, S.Psi.,M.Pd. (II) M. Andri Setiawan, M.Pd.

 

Kata Kunci : Kemandirian Belajar, Konseling Kelompok, Teknik Ability Potential

         Response

 

Siswa yang memiliki kemandirian belajar rendah akan mempengaruhi hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini, yaitu untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa melalui layanan konseling kelompok dengan teknik ability potential response pada siswa kelas VII di SMP Negeri 25 Banjarmasin.

Penelitian ini menggunakan pendekatan metode kombinasi atau mixed metodh research. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan dan dilaksanakan dalam III siklus. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII yang berjumlah 8 orang siswa. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Instrumen data yang digunakan adalah lembar observasi disertai rubrik penilaian, wawancara, dan angket. Analisis data yang digunakan adalah data kualitatif dan data kuantitatif.

Layanan konseling kelompok dengan teknik ability potential response untuk meningkatkan kemandirian belajar dilakukan hingga III siklus. Adapun hasil penelitian yang berhasil dicapai pada siklus III, yaitu aktivitas peneliti mencapai kategori sangat baik, aktivitas siswa mencapai kategori baik, dan peningkatan kemandirian belajar siswa mencapai kategori berhasil. Kesimpulan dari penelitian ini adalah layanan konseling kelompok dengan teknik ability potential response dapat meningkatkan kemandirian belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI