DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Muatan PPKN Tema Indahnya Keragaman di Negeriku menggunakan Kombinasi Model Group Investigation, Mind Mapping, dan Course Review Horay pada Siswa Kelas IV SDN 2 Pangkalan Rekan Kabupaten Kapuas
PENGARANG:DIANA PUTRI WAHYU ROMADHONA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-09-24


Proses belajar dewasa ini menuntut setiap anak untuk aktif terlibat dalam prosesnya. Akan tetapi nyatanya di SDN 2 Pangkalan Rekan Kabupaten Kapuas siswa tidak menjadi subjek yang memiliki otonominya sendiri dalam sebuah pembelajaran. akibatnya kemampuan siswa dalam hal ini masih belum maksimal dikembangkan. Salah satu upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu dengan menggunakan model pembelajaran Group Investigation (GI), Mind Mapping (MM), dan Course Review Horay (CRH).

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilakukan pada empat kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV dengan jumlah siswa sebanyak 7 orang semester genap SDN 2 Pangkalan Rekan Kabupaten Kapuas tahun pembelajaran 2020/2021. Jenis data dalam penelitian ini kualitatif dan kuantitatif diperoleh melalui aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan I mencapai kriteria cukup baik, pertemuan II mencapai kriteria baik, pertemuan III dan IV mencapai kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada pertemuan I mencapai kriteria kurang aktif, pada pertemuan II  mencapai kriteria cukup aktif, pertemuan III mencapai kriteria aktif, dan pada pertemuan IV mencapai kriteria sangat aktif. Pada pertemuan I ketuntasan hasil klasikal belajar siswa 29%, pada pertemuan II ketuntasan hasil klasikal belajar siswa 57%, pada pertemuan III ketuntasan hasil klasikal belajar siswa 71%, pada pertemuan IV ketuntasan hasil klasikal belajar siswa 86%.

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa Kombinasi Model Group Investigation (GI), Mind Mapping (MM), dan Course Review Horay (CRH) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada tema Indahnya Keragaman di Negeriku muatan PPKN pada siswa kelas IV SDN 2 Pangkalan Rekan Kabupaten Kapuas dan hipotesis dapat diterima. Penggunaan model ini disarankan sebagai salah  satu alternatif untuk meningkatkan aktivitas siswa yang berdampak terhadap meningkatnya hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI