DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MUATAN IPS MENGGUNAKAN MODEL KAWAN DI SDN LASUNG TANAH BUMBU
PENGARANG:DILA AULIYA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-09-24


ABSTRAK

Auliya, Dila 2021. Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Kelas IV Pada Muatan IPS Menggunakan Model Kawan di SDN Lasung. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Ari Hidayat, M.Pd.

 

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya keaktifan siswa kelas IV SDN Lasung Tanah Bumbu terhadap mata pelajaran IPS yang berpengaruh pada hasil belajarnya. Masalah dalam penelitian ini adalah pembelajaran belum kontekstual, belum memaksimalkan siswa berpikir kritis dan logis, belum menekankan pada nilai-nilai sosial, dan belum memaksimalkan kemampuan sosial siswa. Salah satu upaya untuk mengatasi permasalahan ini yaitu dengan menggunakan model KAWAN.

Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan empat kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Lasung Tanah Bumbu Tahun Ajaran 2020/2021 dengan jumlah siswa 8 orang. Data yang di ambil berupa data kuantitatif yang diperoleh melalui tes tertulis dan data kualitatif yang diperoleh melalui observasi aktivitas guru dan siswa. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah (1) aktivitas guru dikatakan berhasil jika memperoleh skor 34-40 dengan kategori sangat baik; (2) aktivitas siswa mencapai ketuntasan klasikal 100% dengan kriteria seluruhnya aktif; dan (3) hasil belajar dikatakan berhasil jika pada aspek kognitif mencapai  nilai ≥70, aspek afektif dengan kategori mulai berkembang atau membudaya, dan aspek psikomotorik mencapai kategori baik atau sangat baik dengan ketuntasan secara klasikal ≥80%.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model KAWAN diperoleh hasil aktivitas guru pada pertemuan 1 sampai 4 meningkat dari skor 20 dengan kriteria cukup baik menjadi 39 dengan kriteria sangat baik. Observasi aktivitas siswa pada pertemuan 1 sampai 4 secara klasikal meningkat dari 38% dengan kriteria kurang aktif menjadi 100% dengan kriteria sangat aktif. Hasil belajar aspek kognitif siswa secara klasikal pada pertemuan 1 sampai 4 meningkat dari 38% menjadi 100%, Hasil belajar aspek afektif siswa secara klasikal pada pertemuan 1 sampai 4 meningkat dari 50% menjadi 100%. Hasil belajar aspek psikomotorik siswa secara klasikal pada pertemuan 1 sampai 4 meningkat dari 38% menjadi 100%.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model KAWAN dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS materi kegiatan ekonomi. Disarankan kepada guru untuk menggunakan kombinasi model KAWAN dalam menciptakan kegiatan belajar mengajar yang dapat meningkatkan interaksi dan keterlibatan siswa pada kegiatan pembelajaran, sehingga dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa.

 

Kata Kunci: Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, IPS, Model KAWAN

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI