DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENGEMBANGKAN ASPEK BAHASA DALAM MENCERITAKAN KEMBALI CERITA YANG PERNAH DIDENGAR MENGGUNAKAN KOMBINASI STALTICK OF FLANEL PADA KELOMPOK B TK MANHAJUL HUSNA BANJARMASIN
PENGARANG:RATU AMAJIDA HANDAYANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-09-24


ABSTRAK

 

Handayani, Ratu Amajida. 2021. “Mengembangkan Aspek Bahasa dalam Menceritakan Kembali Cerita yang Pernah di Dengar Menggunakan Kombinasi Staltick Of Flanelpada Kelompok B TK Manhajul Husna Banjarmasin”. Skripsi. Program S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini FKIP ULM Banjarmasin.Pembimbing Drs. H. Ramadi, M.Pd

 

Kata Kunci : Aspek Bahasa, Menceritakan Kembali Cerita yang Pernah di Dengar, Kombinasi Staltick Of Flanel.

 

Permasalahan dalam penelitian ini adalah pada aspek perkembangan bahasa, anak kelompok B TK Manhajul Husna Banjarmasin belum mampu dalam menceritakan kembali cerita yang pernah didengar. Hal ini disebabkan karena anak kurang aktif terhadap pembelajaran, anak masih kurang percaya diri, pembelajaran terasa kurang menyenangkan dan kurang bermakna, dan tidak ada media pembelajaran yang menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas anak, dan menganalisis hasil perkembangan bahasa anak dalam menceritakan kembali cerita yang pernah didengar menggunakan kombinasi Staltick Of Flanel(metode Story Telling, model Talking Stick, dan media Papan Flanel).

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dalam 2 siklus dengan masing-masing siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Setting penelitian ini adalah kelompok B TK Manhajul Husna Banjarmasin dengan jumlah 10 orang anak. Instrumen yang digunakan yaitu lembar pengamatan terkait aktivitas guru, aktivitas anak, dan hasil perkembangan, sedangkan analisis data menggunakan deskriptif kualitatif.Indikator keberhasilan aktivitas guru dikatakan berhasil apabila keterlaksanaannya mencapai kriteria sangat baik. Aktivitas anak dikatakan berhasil apabila mencapai kriteria sangat aktif, dan hasil capaian perkembangan anak minimal mencapai 80% atau mendapat bintang««« dan ««««.

Hasil ini menunjukkan aktivitas guru terlaksana dengan kriteria “sangat baik” dengan skor 30. Aktivitas anak meningkat secara klasikal pada siklus I mencapai persentase 80% dengan kriteria “aktif” dan siklus II mencapai persentase 90% dengan kriteria “sangat aktif”. Hasil perkembangan anak secara klasikal meningkat dari siklus I mencapai persentase 70% dan siklus II mencapai persentase 90%.

Berdasarkan data yang diperoleh, disimpulkan bahwa kombinasi Staltick Of Flanel dapat mengembangkan kemampuan bahasa anak dalammenceritakan kembali cerita yang pernah didengar pada kelompok B TK Manhajul Husna Banjarmasin. Maka saran bagi kepala sekolah dan guru serta peneliti lain adalah hendaknya penelitian ini dijadikan sebagai salah satu alternatif masukan yang dapat menjadi bahan acuan dalam pengembangan pembelajaran.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI