DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERAN GURU PPKN DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN MORAL DAN SOSIAL PADA SISWA SMP NEGERI 5 BANJARMASIN
PENGARANG:MEFTAHUL NUR AZMI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-09-25


ABSTRAK

Meftahul Nur Azmi, 2021. Peran Guru PPKN Dalam Meningkatkan Kecerdasan Moral Dan Sosial Pada Siswa SMP Negeri 5 Banjarmasin. Skripsi Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial FKIP Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing (I) H. Wahyu,Pembimbing (II) Mariatul Kiptiah

 

Kata Kunci: Peran Guru, Guru Sebagai Korektor, Kecerdasan Moral, Kecerdasan Sosial

 

Guru memegang peranan penting dalam dunia pendidikan, dimana salah satu peran guru yaitu sebagai korektorGuru juga bertugas menilai dan mengoreksi semua sikap, tingkah laku, dan perbuatan siswa. Dalam hal ini guru diharuskan melakukan perannya untuk meningkatkan kecerdasan moral dan sosial pada siswa agar terbentuk karakter yang baik. Peneliti memfokuskan kecerdasan moral dan sosial pada siswa SMP Negeri 5 Banjarmasin.

            Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan moral dan sosial pada siswa SMP Negeri 5 Banjarmasin, mengetahui peran Guru sebagai korektor dalam meningkatkan kecerdasan moral dan sosial pada siswa SMP Negeri 5 Banjarmasin dan untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi kecerdasan moral dan sosial siswa SMP  Negeri 5 Banjarmasin.

            Penelitian ini menggunakan pendekatan  kualitatif dengan metode penelitian deskriptif. Pada penelitian ini, informan penelitian ditentukan dengan teknik purposive sampling. Sumber data dan teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, verifikasi dan penegasan kesimpulan.

Hasil penelitian tingkat kecerdasan moral dan sosial pada siswa SMP Negeri 5 Banjarmasin masih tergolong rendah. Oleh karena itu peran guru sebagai korektor dalam meningkatkan kecerdasan moral dan sosial pada siswa harus bisa menanamkan kepada siswa bahwa pentingnya nilai-nilai moral dan sosial. Faktor yang mempengaruhi kecerdasan moral dan sosial pada siswa SMP Negeri5 Banjarmasin yaitu lingkungan di mana siswa berada sangatlah berpengaruh.

Saran untuk guru untuk bisa meningkatkan kecerdasan moral dan sosial siswa dengan memberikan arahan serta perbaikan terhadap siswa yang kecerdasan moral dan sosialnya tergolong rendah.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI