DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V MUATAN IPA MENGGUNAKAN INTEGRASI MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING, TEAMS GAMES TOURNAMENT DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL DI SDN TELAGA BIRU 8 BANJARMASIN
PENGARANG:SIMPAI KASIH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-09-25


Permasalahan penelitian ini adalah pembelajaran yang kurang melibatkan siswa akibatnya hasil belajanya menjadi rendah. Hal ini disebabkan pembelajaran cenderung hanya bersifat satu arah, pengembangan potensi dalam bekerjasama belum optimal, dan media pembelajaran hanya bersumber pada buku dan penjelasan guru. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas guru, menganalisis aktivitas serta hasil belajar siswa menggunakan integrasi model Creative Problem Solving, Teams Games Tournament dengan media Audio Visual

 Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam empat kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas V semester genap SDN Telaga Biru 8 Banjarmasin tahun 2020/2021, jumlah siswa sebanyak 12 siswa. 

 Data yang diperoleh melalui observasi aktivitas guru, aktivitas siswa, hasil belajar aspek afektif, hasil belajar aspek psikomotor dan hasil belajar aspek kognitif siswa. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik deskriptif analisis dan cross tabulasi dijabarkan dengan tabel, grafik dan interpretasi dengan persentase.

 Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan setiap siklusnya (1) bahwa aktivitas guru pada pertemuan I memperoleh skor 30 kriteria “Baik”, pertemuan II  mencapai skor 33 kriteria “Baik”, pertemuan III mencapai skor 35 kriteria “Sangat Baik” dan pertemuan IV mencapai skor 38 kriteria “Sangat Baik”. (2)  Aktivitas siswa pada pertemuan I mencapai 33% kriteria “Kurang Aktif”, pertemuan II  mencapai 58%, pertemuan III mencapai 75% dan pertemuan IV mencapai 92%. (3) Hasil belajar siswa pada pertemuan I yaitu 25% , pertemuan II mencapai 58%, pertemuan III mencapai 75% dan  pertemuan IV dengan ketuntasan klasikal 100%. 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI