DIGITAL LIBRARY



JUDUL:SURVEI TINGKAT KAPASITAS VITAL PARU DAN DAYA TAHAN KARDIORESPIRATORI ATLET TINJU KALIMANTAN SELATAN
PENGARANG:SILPA LAU RATU
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-09-26


ABSTRAK

 

Silpa Lau Ratu. 2020.  Survei Tingkat Kapasitas Vital Paru Dan Daya Tahan Kardiorespiratori Atlet Tinju Kalimantan Selatan. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing: (I) Dr. Tri Irianto,M.Kes. (II) Edwin Wahyu Dirgantoro S.Or.,M.Pd

Kata Kunci: Tingkat Kapasitas Vital Paru, Dan Daya Tahan Kardiorespiratori, Tinju

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar kemampuan kapasitas vital paru dan daya tahan kardiorespiratori atlet tinju kalimantan Selatan yang lolos Kualifikasi PON 2020 di Papua. Subjek penelitian adalah Atlet tinju yang lolos kualifikasi PON atas nama Prasetio kelas 52 Kg Putra, Muhammad Syarif Hidayatullah kelas 81 Kg Putra, Adelia Putri kelas 45 Kg Putri, Hunun Nur Azmi kelas 48 Kg Putri, Aldriani Beatrick Suguro kelas 51 Kg Putri, Adistia Oliana kelas 54 Kg Putri dan Peneliti sendiri atas nama Silpa Lau Ratu di kelas 57 Kg Putri. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan teknik pengumpulan data melalui tes dan pengukuran. Instrumen yang digunakan untuk pengambilan data dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik tes dan pengukuran, yang terbagi menjadi sebagai berikut: Tes dan pengukuran Daya Tahan Kardiorespiratori menggunakan Balke Test, Tes dan pengukuran kapasitas vital paru menggunakan Spirometer.

Berikut hasil tes kapasitas vital paru dan daya tahan kardiorespiratori menggunakan Balke menggunakan spirometerPrasetio dengan 139.01 dan 51.9 ml/kg/min, Syarif Hidayatullah dengan 112.65 dan 46.9 ml/kg/min, Beatrick Suguro dengan 130.12 dan 49.4 ml/kg/min, Adistia oliana dengan 109.10 dan 44.9 ml/kg/min, Hanun Nur A dengan 120.13 dan 44.8 ml/kg/min, Adelia 116.19 dan 44.4 ml/kg/min. 

Berdasarkan tes kapasitas vital paru dan tes daya tahan Kardiorespiratori yang dilakukan oleh atlet tinju yang lolos kualifikasi Pekan Olahraga Nasional (PON) tahun 2020 di Papua, sebagian besar menunjukan kategori sedang.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI