DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENGEMBANGKAN KOGNITIF DALAM MENGKLASIFIKASIKAN BENDA BERDASARKAN WARNA, BENTUK, DAN UKURAN MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL DIRECT INSTRUCTION DAN PEMBERIAN TUGAS PADA KELOMPOK B RA MIFTAHUL JANNAH BANJARMASIN
PENGARANG:ANISA FITRIA AHKLA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-09-27


ABSTRAK

Ahkla, Anisa Fitria 2021. “Mengembangkan Kognitif Dalam Mengklasifikasikan Benda Berdasarkan Warna, Bentuk, dan Ukuran Menggunakan Kombinasi Model Direct Instruction dan Pemberian Tugas pada kelompok B RA Miftahul Jannah Banjarmasin”. Skripsi. Program S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini FKIP ULM Banjarmasin. Pembimbing Drs. Sunarno, M.Pd.

Kata Kunci :Kemampuan Kognitif, Mengklasifikasikan Benda, Model Direct Instruction dan Pemberian Tugas.

Permasalahan dalam penelitian ini adalah pada perkembangan aspek kognitif anak dalam mengklasifikasikan benda berdasarkan warna, bentuk dan ukuran di RA Miftahul Jannah Banjarmasin, yaitu anak sering merasa bosan, kurang percaya diri, kurang tertarik dan antusias dengan kegiatan pembelajaran terutama kegiatan dalam mengklasifikasikan benda berdasarkan warna, bentuk, dan ukuran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas anak, dan hasil perkembangan kognitif dalam mengklasifikasikan benda berdasarkan warna, bentuk dan ukuran menggunakan kombinasi model Direct Instruction dan pemberian tugas. 

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Setting penelitian ini adalah anak kelompok B RA. Miftahul Jannah dengan jumlah 7 orang anak. Teknik pengumpulan data  yang dilakukan observasi dengan analisis data kualitatif. Indikator keberhasilan aktivitas guru dikatakan berhasil apabila keterlaksanaannya mencapai kategori sangat baik. Aktivitas anak dikatakan berhasil apabila mencapai kriteria sangat aktif, dan hasil capaian perkembangan anak minimal mencapai ≥ 82% atau mendapat dengan kategori BSB dan BSH.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada siklus I memperoleh kriteria baik dan mengalami perbaikan pada Siklus ke II dengan kriteria sangat baik. Aktivitas anak hanya mencapai kategori cukup aktif pada Siklus I, berkembang hingga mencapai kategori sangat aktif pada Silus II dan hasil perkembangan kemampuan kognitif anak memperoleh kategori Mulai Berkembang (MB) pada siklus I dan mengalami perkembangan pada siklus II dengan kategori Berkembang Sangat Baik (BSB). 

Berdasarkan data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa model Direct Instruction, dan Pemberian Tugas dapat mengembangkan kemampuan kognitif anak dalam mengklasifikasikan benda berdasarkan warna, bentuk dan ukuran pada anak kelompok B RA. Miftahul Jannah. Maka disarankan kepada guru, hendaknya penelitian ini bisa dijadikan salah satu alternatif pilihan dalam kegiatan pembelajaran dalam mengembangkan kemampuan anak. Bagi kepala RA agar dapat meningkatkan kinerja pendidik di sekolahnya. Begitu pula untuk peneliti lain, dapat dijadikan bahan referensi untuk penelitian selanjutnya

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI