DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MUATAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN “REDMI” PADA SISWA KELAS V SDN BASIRIH 8 BANJARMASIN
PENGARANG:NORMEIDA EMAWATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-09-27


Emawati, Normeida. 2021.Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Muatan Matematika Menggunakan Model Pembelajaran “REDMI” Pada Siswa Kelas V Sdn Basirih 8 Banjarmasin. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: Drs. Sulaiman, M.Pd., Ph.D

Kata Kunci  : Matematika, Aktivitas Siswa, Hasil Belajar.

 

Permasalahan dari penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran Matematika. Hal ini disebabkan karena siswa jarang melakukan aktivitas pemecahan masalah, guru menggunakan model dan metode ceramah yang bersifat konvensional. Pembelajaran masih berpusat pada guru.Jika permasalahan ini terus dibiarkan maka akan berdampak pada siswa itu sendiri yang mana siswa menjadi pasif dalam proses pembelajaran, peserta didik yang pasif dalam pembelajaran justru akan menurunkan aktivitas peserta didik dalam proses pembelajaran Maka solusi untuk mengatasi masalah di atas adalah melaksanakan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran REDMI, Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas pendidik, menganalisis aktivitas peserta didik serta menganalisis hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran Matematika materi volume kubus dan balok pada kelas V SDN Basirih 8 Banjarmasin.

Jenis penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak 3 kali pertemuan di kelas V dengan jumlah siswa 16 orang. Adapun jenis data yang disajikan yaitu data aktivitas guru dan siswa yang didapat melalui observasi serta data hasil belajar siswa yang didapat melalui tes. Indikator ketuntasan belajar ditetapkan dengan 80% siswa mencapai KKM nilai 70.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan I memperoleh skor 25 dengan kriteria “Baik”, kemudian memperoleh skor aktivitas guru pada pertemuan III yaitu menjadi skor 31 dengan kriteria “Sangat Baik”. Aktivitas siswa pada pertemuan I mencapai 43,75% dengan kriteria “Sebagian Kecil Aktif” meningkat pada pertemuan III menjadi 87,50% dengan kriteria “Hampir Seluruhnya Aktif”. Untuk hasil belajar siswa pada pertemuan I dengan ketuntasan klasikal 62,50% meningkat pada pertemuan III dengan ketuntasan klasikal 93,75%.

Dapat disimpulkan bahwa model REDMI dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Dan saran yang dikemukakan peneliti agar dapat menjadi alternatif pendidik untuk memperbaiki pembelajaran guna meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI