DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MASYARAKAT DALAM BERWIRAUSAHA DITINJAU DARI SEGI EKONOMI (Studi pada Pelaku Usaha Keramba Ikan Awang Bangkal Barat)
PENGARANG:MARYA ULFAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-09-28


ABSTRAK

Marya Ulfah. 2021. Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Masyarakat dalam Berwirausaha ditinjau dari Segi Ekonomi (Studi pada Pelaku Usaha Keramba Ikan Awang Bangkal Barat). Skripsi, Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin di Bawah Bimbingan Mahmudah Hasanah, M.Pd

Minat  berwirausaha  adalah  keinginan,  ketertarikan  serta  kesediaan untuk  bekerja  keras  atau  berkemauan  keras  untuk  berdikari  atau  berusaha untuk memenuhi kebutuhan hidupnya tanpa merasa takut dengan resiko yang akan  terjadi,  serta  berkemauan  untuk  belajar  dari  kegagalan. Lokasi Desa Awang Bangkal Barat dipilih sebagai lokasi penelitian dikarenakan pengembangan keramba jaring apung diarahkan pada wilayah yang memiliki potensi berupa sungai dan perairan dangkal sehingga mampu menjadi salah satu andalan produksi perikanan.Tujuan penelitian yang ingin dicapai dalam penelitian ini yakni untuk menganalisis faktor yang mempengaruhi masyarakat dalam berwirausaha keramba ikan ditinjau dari segi ekonomi pada pelaku usaha keramba ikan Awang Bangkal Barat.

Adapun penelitian ini termasuk pada penelitian lapangan (field research), yaitu penelitian terhadap kasus yang terjadi di lapangan atau terjadi di masyarakat. Lokasi yang diambil dalam penelitian ini adalah Desa Awang Bangkal, Kecamatan Karang Intan, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan. Penentuan subjek penelitian dalam penelitian ini menggunakan cara purposive sampling, sehingga diperoleh sebanyak 10 responden. Teknik pengumpulan data pada penelitian yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi.

Faktor ekonomi terdiri  dari  modal dan peluang  untuk  memenuhi kebutuhan ekonomi. Faktor  Ekonomi  adalah  hal-hal  yang  menyangkut  hubungan  dengan ekonomi  yang  mempengaruhi  minat  berwirausaha  masyarakat,  misalnya memiliki  bangunan  yang  lokasi  nya  strategis  akan  mimicu  minat berwirausaha  seseorang  untuk  membuka  usaha  di  lokasi  tersebut.  Dengan berwirausaha masyarakat dapat memenuhi kebutuhan ekonomi keluarga.

Masyarakat juga perlu melihat dari semua segi agar tetap mampu mempertahankan  sistem  keramba  ini  sebagai  salah  satu  mata  pencaharian. Hendaknya mahasiswa program studi pendidikan ekonomi dapat melanjutkan penelitian ini sehingga dapat mendapatkan hasil penelitian yang lebih sempurna. Sebagai tanjakan pertama dalam memulai penelitian lebih luas terhadap faktor yang mempengaruhi masyarakat dalam berwirausaha keramba ikan.

 

Kata Kunci: Berwirausaha, Masyarakat, Ekonomi

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI