DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS KOMPARATIF PENERAPAN KOMBINASI MODEL GROUP INVESTIGATION (GI), NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT), DAN WORD SQUARE PADA MUATAN IPS TEMA KAYANYA NEGERIKU KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI
PENGARANG:LIZA HASANATUL FITRI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-09-28


Fitri, Liza Hasanatul. 2021. Analisis Komparatif Penerapan Kombinasi Model Group Investigation (GI), Numbered Heads together (NHT) dan Word Square Pada Muatan IPS Tema Kayanya Negeriku Pada Kelas IV Sekolah Dasar Negeri. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing Dr. H. Ahmad Muhyani Rizalie, M.Si 

Kata Kunci : Analisis Komparatif, Group Investigation, Numbered Heads   Together dan Word Square.

Secara umum sering terjadi permasalahan di beberapa Sekolah Dasar Negeri pada kelas IV muatan IPS, untuk mengatasi permasalahan tersebut peneliti tidak bisa melakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) karena adanya penyebaran virus covid-19. Sehingga peneliti memilih melakukan penelitian kepustakaan dengan menganalisis perbandingan penerapan kombinasi model pembelajaran pada dua skripsi terdahulu.

Studi pendahuluan pada penelitian ini yaitu dua buah hasil penelitian oleh Irwan Apriliyandi dan Helda Afriliyana. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara mendalam aktivitas guru, aktivitas siswa, hasil belajar, kelebihan dan kekurangan dalam penerapan kombinasi model Group Investigation (GI), Numbered Heads Together (NHT) dan Word Square. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif komparatif. Jenis penelitian yang digunakan yaitu studi kepustakaan yang menggunakan bahan analisis berupa skripsi PTK oleh Irwan Apriliyandi dan Helda Afriliyana.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan kombinasi model Group Investigation (GI), Numbered Head Together (NHT) dan Word Square dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa pada kedua buah skripsi. Pada skripsi 1 terdapat III siklus, aktivitas guru mendapatkan skor maksimal (Persentase) 96,9% dengan kriteria sangat baik. Aktivitas siswa mendapatkan klasikal maksimal 100% dengan kriteria sangat aktif. Hasil belajar siswa pada ranah kognitif mendapatkan klasikal maksimal 91,7% dengan kriteria sangat baik, ranah afektif dan ranah psikomotorik mendapatkan klasikal maksimal 83,3% dengan kriteria sangat baik. Pada skripsi 2 terdapat IV siklus, aktivitas guru mendapatkan skor maksimal (Persentase) 83% dengan kriteria sangat baik. Aktivitas siswa mendapatkan klasikal maksimal 96% dengan kriteria sangat aktif. Hasil belajar siswa pada ranah kognitif mendapatkan klasikal maksimal 83% dengan kriteria sangat baik, ranah afektif dan ranah psikomotorik mendapatkan klasikal maksimal 95% dengan kriteria sangat baik.

Dengan uraian tersebut temuan ini dapat ditarik kesimpulan bahwa aktivitas guru skripsi 1 lebih baik dibandingkan skripsi 2. Aktivitas siswa skripsi 1 lebih aktif dibandingkan skripsi 2. Hasil belajar pada ranah kognitif skripsi 1 lebih tinggi dibanding skripsi 2, pada ranah afektif dan psikomotorik skripsi 2 lebih tinggi daripada skripsi 1.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI