DIGITAL LIBRARY



JUDUL:IMPLEMENTASI BAHASA JURNALISTIK PADA RUBRIK BOLA PORTAL BERITA ONLINE. (Analisis Isi Kualitatif Pada Portal Berita Online UCNews.id Edisi Maret 2021).
PENGARANG:Muhammad Fahrin R
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-09-28


ABSTRAK

 

Muhammad Fahrin Riyadi, D1C114249, 2021. Implementasi Bahasa Jurnalistik Pada Rubrik Bola Portal Berita Online. (Analisis Isi Kualitatif Pada Portal Berita Online UCNews.id Edisi Maret 2021). Dibimbing oleh Bachruddin Ali Akhmad dan Lalita Hanief.

 

Media online erat kaitannya dengan aktualitas dan akurasi dari berita- berita yang disuguhkannya ataukah sebaliknya. Peneliti mengambil portal berita UCNews.id sebagai objek penelitian karena portal berita merupakan portal berita yang paling banyak diakses oleh banyak orang di Indonesia. UCNews.id ialah sebuah portal web yang berisi berita aktual dan artikel di Indonesia. Peneliti menemukan adanya kejanggalan dalam tata bahasa pada rubrik bola.

 

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif tipe penelitian deskriptif dengan data primer dari hasil Studi Pustaka teks berita sepakbola dalam rubrik sepakbola UCNews.id edisi Maret 2021 sebanyak 5 berita dan data sekunder yang diperoleh peneliti dari wawancara dengan penulis dari UCNews.id untuk menunjang dan melengkapi data Primer.

 

Hasil penelitian menunjukkan Portal Berita UC News tidak memiliki standar sistematika khusus dalam menulis sebuah berita. Penerapan bahasa jurnalistik yang dikemukakan dalam 5 berita pada portal berita UC News tentang sepak bola secara keseluruhan sudah cukup baik. tetapi, masih ditemukan beberapa ketidaksesuaian ciri bahasa jurnalistik dalam penlisan berita seperti ciri sederhana, singkat, lugas, populis, gramatikal, jelas adanya penggunaan kata dan istilah asing, pilihan kata (diksi) yang tepat menghindari kata atau istilah teknis. Penelitian ini membuktikan bahwa penulisan berita pada UC News masih mengabaikan penerapan bahasa jurnalistik.

 

Kata Kunci: Implementasi, Bahasa Jurnalistik, Analisis Isi Kualitatif

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI