DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGAWASAN DINAS SOSIAL DALAM PELAKSANAAN PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH) DI KECAMATAN DAHA UTARA KABUPATEN HULU SUNGAI SELATAN
PENGARANG:AMALIA SADRINA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-09-28


Amalia Sadrina, 171043120003, 2021, Skripsi, Pengawasan Dinas Sosial Dalam Pelaksanaan Program Keluarga Harapan (PKH) di Kecamatan Daha Utara Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Dibawah bimbingan Pathurrahman

            Penanggulangan kemiskinan adalah bentuk usaha pemerintah untuk mewujudkan kesejahteraan rakyat, dengan harapan dapat terbebas dari kemiskinan. Salah satu wujud nyata dari penanggulangan kemiskinan tersebut yaitu melalui Program Keluarga Harapan yang mulai dijalankan sejak tahun 2007. Tujuannya agar dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat miskin melalui peningkatan dibidang pendidikan, kesehatan dan kesejahteran sosial. Untuk memastikan tujuan tersebut maka diperlukan adanya pengawasan sebagai salah satu faktor penentu dalam mencapai tujuan yang diharapkan.

            Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif tipe deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

            Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan PKH di Kecamatan Daha Utara Kabupaten Hulu Sungai Selatan masih kurang pengawasan. Kurangnya pengawasan dilihat dari proses Pengawasan yang dilakukan yang dimana pengawasan yang dilakukan oleh Dinas sosial maupun UPPKH hanya berfokus pada perkembangan data yang diperoleh dari pendamping PKH. Sedangkan berdasarkan fakta yang ditemukan dilapangan, pendamping hanya melakukan pengawasan dari perkembangan data yang didapat melalui data pendidikan dan kesehatan tanpa memantau lebih mendalam keadaan sosial ekonomi pesertanya. Akibatnya masih ada ditemukan penerima yang tergolong mampu ataupun sudah mampu yang masih mendapatkan dana bantuan.

Penelitian ini menyarankan agar Dinas Sosial perlu meningkatkan pengawasan dengan membuat pedoman atau standar khusus pengawasan guna memaksimalkan kinerja pendamping khusunya dalam mendampingi peserta PKH. Pengawasan yang dilakukan hendaknya tidak hanya terfokus pada peserta PKH tetapi juga pada pendamping PKH agar program yang dilaksanakan dapat mencapai tujuannya dengan benar dan sesuai rencana.

 

Kata kunci: Pengawasan, Program Keluarga Harapan (PKH)

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI