DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENGEMBANGKAN KOGNITIF MENGENAL POLA AB-AB DAN ABC-ABC MENGUNAKAN KOMBINASI MODEL DURIAN TKTQ TAMAN CINTA ALQURAN BARITO KUALA
PENGARANG:SITI AMINAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-09-28


Aminah, Siti. 2021. Mengembangkan Kognitif Mengenal Pola AB-AB dan ABC-ABC TKTQ Taman Cinta Al-Quran Barito Kuala. Skripsi Program Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Dr. Novitawati, S.Psi., M.Pd 

 

Kata Kunci: Mengenal Pola AB-AB dan ABC-ABC, Model direct instruction, Metode Drill dan Media Bahan Alam. 

 

Pembelajaran mengenal pola AB-AB dan ABC-ABC masih rendah khususnya di TKTQ Taman Cinta AlQuran Barito Kuala. Masalah penelitian yaitu pembelajaran yang di laksanakan lebih fokus pada pembelajran tahfidz dan kurang terfokus pada pembelajaran tematik. Salah satu upayanya adalah menggunakan model DURIAN (Direct Intruction, metode Drill dengan Media Bahan Alam). Adapun tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui peningkatan aktivitas guru, aktivitas anak, serta hasil perkembangan.

Metode yang digunakan yaitu kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilakukan 2 siklus dengan masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Subjek penelitian adalah kelompok A TKTQ Taman Cinta AlQuran sebanyak 6 anak. Instrumen yang digunakan yaitu lembar pengamatan terkait aktivitas guru, aktivitas anak, dan hasil perkembangan. Sedangkan analisis data menggunakan deskriptif kualitatif.

Temuan ini menunjukkan aktivitas guru mengalami peningkatan mencapai kategori “sangat baik”. Aktivitas anak secara klasikal mencapai persentase 100% dengan kategori “sangat aktif”. Dan hasil perkembangan anak secara klasikal meningkat dari pertemuan I 17% menjadi 100% anak sudah berkembang pada pertemuan IV.  

Disimpulkan bahwa model DURIAN berhasil memperbaiki kualitas guru, meningkatkan aktivitas anak, keaktifan serta hasil perkembangan yang optimal. Disarankan penggunaan model DURIAN sebagai referensi pembelajaran efektif guna mewujudkan hasil perkembangan kognitif lebih baik. Saran bagi guru dan kelapa sekolah serta peneliti lain adalah sebagai alternatif masukan yang dapat menjadi bahan acuan dalam pengembangan pembelajaran.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI