DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS FLIPBOOK DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI REAKSI REDUKSI OKSIDASI KELAS X TAHUN AJARAN 2020/2021 DI SMA NEGERI 12 BANJARMASIN
PENGARANG:KHATIMATUL HUSNA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-09-28


Telah dilakukan penelitian pengembangan bertujuan untuk menghasilkan e-modul flipbook model Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar pada materi redoks yang valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian ini adalah Reasearch and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Uji coba e-modul dilakukan pada Kelas X MIPA SMA Negeri 12 Banjarmasin Tahun Ajaran 2020/2021. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar validasi, angket keterbacaan, angket respon, lembar observasi dan tes hasil belajar. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul yang dikembangkan telah memenuhi kriteria sebagai  berikut: (1) Kevalidan, dilihat dari nilai aspek kelayakan isi sebesar 91% (sangat valid), penyajian sebesar 96% (sangat valid), bahasa sebesar 95% (sangat valid), dan media sebesar 94,5% (sangat valid). (2) Kepraktisan, dilihat dari hasil keterbacaan e-modul pada uji perorangan sebesar 3.5 (sangat baik) dan kelompok kecil sebesar 3.4 (sangat baik), respon peserta didik terhadap e-modul sebesar 3.3 (sangat baik) dan respon aktivitas mengajar guru menggunakan e-modul sebesar 3.7 (sangat baik). (3) Keefektifan, dilihat dari hasil belajar pengetahuan dengan nilai N-gain sebesar 0,80 yang termasuk dalam kategori tinggi dan dilihat dari hasil belajar sikap sebesar 83.26 yang termasuk kategori sangat baik. 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI