DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS, KEMANDIRIAN DAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL EKSENT UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR
PENGARANG:HADI SAPUTRA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-09-28


Saputra, Hadi. 2021. “Meningkatkan Aktivitas, Kemandirian Dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Eksent Untuk Siswa Sekolah Dasar”. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Dosen Pembimbing Dr. Noorhapizah, ST., M.Pd.

Kata Kunci: Aktivitas siswa, Kemandirian, Peristiwa Dalam Kehidupan, Metode Eksperimen, Number Head Together (NHT), dan Talking Stik

           

Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurangnya aktivitas siswa, pembelajaran satu arah, siswa tidak memahami  materi dan kurangnya kemandirian belajar siswa pada tema Peristiwa Dalam Kehidupan Muatan Ilmu Pengetahuan Alam. Upaya untuk meningkatkan aktivitas, pembelajaran satu arah, kemandirian siswa terhadap materi  dan kurangnya pengalaman belajar yaitu dengan menggunakan model pembelajaran EKSENT yang merupakan kombinasi dari Metode Eksperimen, Number Head Together (NHT), dan Talking Stik. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas siswa, aktivitas guru, kemandirian belajar siswa dan hasil belajar siswa.

 

Penelitian ini menggunakan pendekatam kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan 4 kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas V semester genap SDN Pangeran 1 Banjarmasin tahun ajaran 2020/2021, jumlah siswa sebanyak 6 siswa. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru, aktivitas siswa dan angket kemandirian belajar. Data kuantitatif diperoleh melalui tes tertulis secara individu. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik deskriptif analisi dan cross tabulasi dijabarkan dengan tabel, grafik dan interpretasi dengan persentase. 

 

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan I mencapai skor 24 dengan kriteria “baik” dan pada pertemuan IV mencapai skor 36 dengan kriteria “sangat baik”. Aktivitas siswa pada pertemuan I memperoleh 50,00% hingga pertemuan IV mencapai 100,00%. Kemandirian Belajar siswa pertemuan I sampai dengan pertemuan IV memperoleh ketuntasan klasikal mencapai presentase 100%, dengan setiap pertemuannya mengalami peningkatan secara individual pada kategori sangat mandiri. ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada pertemuan 1 memperoleh 33,33% dan pertemuan IV mencapai 100.00%.

 Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran EKSENT yang merupakan kombinasi Metode Eksperimen, Number Head Together (NHT), dan Talking Stik dapat meningkatkan aktivitas, kemandirian dan hasil belajar siswa. disarankan penggunakan model tersebut sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan aktivitas siswa yang dapat berdampak pada peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa.

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI