DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Pendapatan Petani Karet Di Desa Ambawang Kecamatan Batu Ampar
PENGARANG:APRILIAWATI YUNITA INDAH SARI -540
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-09-28


APRILIAWATI YUNITA INDAH SARI, Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Pendapatan Petani Karet di Desa Ambawang Kecamatan Batu Ampar. Tujuan penelitian ini adalah (1) Menganalisis pendapatan petani karet pada saat Pandemi Covid-19, (2) Membandingkan pendapatan petani karet sebelum dan saat Pandemi Covid-19. Dibimbing oleh Bapak Dr. Ir. H. Muhammad Naparin, M.M dan Bapak Dr. Ir. Daniel Itta, M.S.

Tanaman karet (Hevea bransiliensis) adalah salah satu tanaman yang memiliki nilai ekomoni yang cukup tinggi sehingga dapat memenuhi kebutuhan hidup sebagian besar masyarakat Indonesia, namun terdeteksinya virus yang berasal dari Wuhan, China yang kemudian masuk ke Indonesia pada bulan Maret 2020 yang kemudian diketahui bahwa virus tersebut adalah Covid-19. Adanya Virus Covid-19 ini memberikan dampak diberbagai sektor di Indonesia salah satunya sektor ekonomi. Desa Ambawang adalah desa yang pertama kali terdeteksi adanya virus Covid-19 di Kabupaten Tanah laut, sehingga menimbulkan sedikit banyak pengaruh terhadap desa tersebut.

Penelitian ini dilaksanakan di Desa ambawang, Kecamatan Batu Ampar pada bulan Desember 2020. Metode yang digunakan yaitu proportionate stratified random sampling dalam pengambilan sampelnya karena meggunakan 3 kelas dalam penelitian dan didapat sampel keseluruhan 165 sebagai resoponden . Analisis data menggunakan pendekatan jumlah biaya bersih dan uji parametik T-berpasangan.

Hasil penelitian ini menunjukkan biaya rata-rata setiap kelas di Desa Ambawang yaitu untuk kelas 1 rata-rata biaya petani karet sebesar Rp.619.952, untuk kelas 2 yaitu sebesar Rp.1.275.124, sedangkan untuk kelas 3 yaitu sebesar Rp.4.356.986. Dari ketiga kelas dalam penelitian ini setelah dilakukan uji parametik menggunakan Uji T-Berpasangan menunjukkan hasil bahwa adanya pandemic Covid-19 memberikan dampak atau pengaruh yang sangat nyata terhadap pendapatan petani karet.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI