DIGITAL LIBRARY



JUDUL:IMPLEMENTASI KOMBINASI MODEL CTL DAN MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KETERAMPILAN MENULIS PUISI BARU KELAS 4 SDN PATIH MUHUR KABUPATEN BARITO KUALA
PENGARANG:ANINA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-09-28


Penelitian ini memiliki masalah yaitu siswa mengalami kesulitan dalam menulis puisi baru secara runtut. Penyebabnya siswa masih bingung urutan-urutan dalam menulis puisi baru, sehingga aktivitas dan hasil belajar peserta didik menjadi rendah. Permasalahan ini dapat diatasi dengan menggunakan model CTL dan Mind Mapping. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas guru dan aktivitas siswa dan juga menganalisis hasil belajar siswa menggunakan model CTL dan Mind Mapping.

Subjeknya pada peserta didik kelas 4 SDN Patih Muhur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas. Hasil dari observasi aktivitas dan juga hasil belajar siswa dapat diketahui dari data kualitatif. Pada saat menganalisis data menggunakan teknik deskriptif analisis.

Kegiatan ini berlangsung sebanyak 2 siklus, pada siklus I dari aktivitas guru mendapatkan skor 27 termasuk kriteria” sangat baik” Lalu pada siklus ke II mengalami peningkatan menjadi skor 32 dengan kriteria” sangat baik”. Pada hasil siklus I dalam aktivitas siswa dengan presentase 38,89% kemudian pada siklus ke II menjadi 88,88%  maka terhadap siswa termasuk pada kriteria “sangat aktif”. Siklus I dalam hasil belajar siswa memiliki presentase  dengan presentase 27,46% sedangkan pada siklus II menjadi 94,44% terhadap ketuntasan hasil belajar secara klasikal.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI