DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR MATA PELAJARAN IPS MENGGUNAKAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING, PROBLEM BASED LEARNING, DAN POSTER COMMENT DI KELAS V SDN KARANG JAWA MUKA 2 KANDANGAN
PENGARANG:BRAMANTYO AGUNG PRIBADI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-09-29


ABSTRAK

Pribadi, Bramantyo Agung. 2021. Meningkatkan Aktivitas Belajar Mata Pelajaran IPS Menggunakan Model Contextual Teaching and Learning, Problem Based Learning, dan Poster Comment Di Kelas V SDN Karang Jawa Muka 2 Kandangan. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Dr. Novitawati, S.Psi., M.Pd.

Kata Kunci : Aktivitas Belajar, IPS, Contextual Teaching and Learning, Problem Based Learning, Poster Comment.

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya aktivitas serta hasil belajar siswa kelas V SDN Karang Jawa Muka 2 pada mata pelajaran IPS. Masalah dalam penelitian ini adalah siswa belum mampu berpikir kritis dalam memecahkan masalah, kurang terbiasa dalam berdiskusi kelompok sehingga menyebabkan kurangnya interaksi dan kerjasama antar siswa, serta kurang beragamnya aktivitas yang dilakukan selama pembelajaran sehingga siswa menjadi pasif. Solusi yang dilakukan adalah dengan menggunakan kombinasi model Contextual Teaching and Learning, Problem Based Learning, Poster Commentdan Media Peta.

Penelitian ini menggunakan Penelitan Tindakan Kelas (PTK) yangdilaksanakan dalam 4 kali pertemuan di kelas V SDN Karang Jawa Muka 2 dengan jumlah siswa 12 orang yang terdiri dari 5 orang siswa laki-laki dan 7 orang siswa perempuan, pada semester II tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data yang diambil merupakan data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru, aktivitas siswa dan motivasi belajar siswa kemudian menggunakan data kuantitatif untuk hasil belajar siswa yang diperoleh melalui tes tertulis secara kelompok dan individu. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik deskriptif analisis dan dijabarkan dengan tabel, grafik dan interpretasi dengan persentase.

            Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan I memperoleh skor 25 dengan kriteria Baik, meningkat pada pertemuan IV dengan skor 32 dengan kriteria Sangat Baik. Aktivitas siswa pada pertemuan I mencapai 25% dengan kriteria Kurang Aktif meningkat pada pertemuan IV menjadi 83,33% dengan kriteria Sangat Aktif. Untuk hasil belajar siswa pada pertemuan I dengan ketuntasan klasikal 41,67% meningkat pada pertemuan IV dengan ketuntasan klasikal 100%.

Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Contextual Teaching and Learning, Problem Based Learning, Poster Comment  dan Media Peta dapat meningkatkan kualitas aktivitas guru, aktivitas siswa, motivasi belajar dan hasil belajar siswa.

Adapun saran bagi kepala sekolah, guru dan peneliti lain adalah agar penelitian ini dapat dijadikan sebagai referensi dalam menggunakan model pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas, motivasi dan hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI