DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | Pengembangan LKPD Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Berbasis Kearifan Lokal Untuk Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII SMP/MTs | |
PENGARANG | : | HALIMATUS SADIAH | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2021-09-29 |
Matematika adalah salah satu mata pelajaran yang dianggap sulit dan menakutkan
oleh sebagian siswa, hal ini memungkinkan siswa melakukan kesalahan dalam
menyelesaikan masalah dimana siswa tidak dapat mengubah soal cerita ke dalam
bentuk model matematika khususnya pada materi Sistem Persamaan Linear Dua
Variabel. Berdasarkan hal tersebut diperlukan perangkat pembelajaran yang
menarik dan kontekstual salah satunya yaitu dengan mengembangkan Lembar
Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis kearifan lokal Kalimantan Selatan. Tujuan
dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui proses dan hasil LKPD materi sistem
persamaan linear dua variabel berbasis kearifan lokal untuk pembelajaran
matematika siswa kelas VIII SMP/MTs yang valid. Penelitian ini dilakukan dengan
metode Research and Development (Penelitian dan Pengembangan) menggunakan
model yang dikemukakan oleh Thigarajan, Semmel & Semmel yaitu 4-D. Beberapa
tahapan yang dilakukan pada penelitian ini yaitu define (Pendefinisian), design
(Perancangan), dan develop (Pengembangan). Uji validitas diperoleh melalui
analisis data secara kuantitatif dan kualitatif dari lembar validasi pada tahap develop
yang dilakukan oleh tiga orang ahli. Data yang diperoleh kemudian dianalisis
menggunakan rumus persentase yang dikemukakan oleh Akbar. Berdasarkan skor
yang diberikan oleh tiga ahli, diperoleh skor rata-rata 84,06%, artinya LKPD
termasuk kategori cukup valid atau dapat dipergunakan dengan sedikit perbaikan.
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI