DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pengembangan LKPD Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Berbasis Kearifan Lokal Untuk Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII SMP/MTs
PENGARANG:HALIMATUS SADIAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-09-29


Matematika adalah salah satu mata pelajaran yang dianggap sulit dan menakutkan 

oleh sebagian siswa, hal ini memungkinkan siswa melakukan kesalahan dalam 

menyelesaikan masalah dimana siswa tidak dapat mengubah soal cerita ke dalam 

bentuk model matematika khususnya pada materi Sistem Persamaan Linear Dua 

Variabel. Berdasarkan hal tersebut diperlukan perangkat pembelajaran yang 

menarik dan kontekstual salah satunya yaitu dengan mengembangkan Lembar 

Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis kearifan lokal Kalimantan Selatan. Tujuan 

dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui proses dan hasil LKPD materi sistem 

persamaan linear dua variabel berbasis kearifan lokal untuk pembelajaran 

matematika siswa kelas VIII SMP/MTs yang valid. Penelitian ini dilakukan dengan 

metode Research and Development (Penelitian dan Pengembangan) menggunakan 

model yang dikemukakan oleh Thigarajan, Semmel & Semmel yaitu 4-D. Beberapa 

tahapan yang dilakukan pada penelitian ini yaitu define (Pendefinisian), design

(Perancangan), dan develop (Pengembangan). Uji validitas diperoleh melalui 

analisis data secara kuantitatif dan kualitatif dari lembar validasi pada tahap develop

yang dilakukan oleh tiga orang ahli. Data yang diperoleh kemudian dianalisis 

menggunakan rumus persentase yang dikemukakan oleh Akbar. Berdasarkan skor 

yang diberikan oleh tiga ahli, diperoleh skor rata-rata 84,06%, artinya LKPD 

termasuk kategori cukup valid atau dapat dipergunakan dengan sedikit perbaikan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI