DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH SUSTAINABILITY REPORT DISCLOSURE TERHADAP PROFITABILITAS PERUSAHAAN (Studi Empiris pada Empat Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di BEI Tahun 2016-2020)
PENGARANG:JESSICA WIJAYA SALIM
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-09-29


Salim, (2021) Pengaruh Sustainability Report Disclosure Terhadap Profitabilitas Perusahaan (Studi Empiris pada Empat Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di BEI Tahun 2016-2020). Pembimbing: Dra. Rawintan Endas Binti, M.Com, MTQM (Hons), Ak, CA, CMA (Aus).

            Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh SR disclosure terhadap profitabilitas perusahaan dan untuk melihat konsistensi hasil pengujian pada dua kurun waktu yang berbeda yaitu antara tahun 2011-2015 (penelitian terdahulu) dan tahun 2016-2020.

            Variabel independen dalam penelitian ini adalah SR disclosure yang terbagi dalam tiga aspek, yaitu kinerja ekonomi (EcDI), lingkungan (EnDI), dan sosial (SoDI). Dalam hal ini, digunakan pendekatan content analysis untuk menghitung skor pengungkapan SR perusahaan sesuai indikator pelaporan dalam pedoman Global Reporting Initiatives (GRI) G4. Variabel dependen yang digunakan adalah profitabilitas yang diukur dengan rasio Return On Equity (ROE). Sampel penelitian ini yaitu empat perusahaan pertambangan yang listing di BEI selama tahun 2016-2020 dan merupakan perusahaan yang sesuai dengan sampel penelitian tahun 2011-2015 (penelitian terdahulu). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode analisis regresi linier berganda untuk menguji data penelitian yang dikumpulkan. Hasil penelitian membuktikan bahwa pengungkapan SR tidak berpengaruh terhadap profitabilitas perusahaan (ROE). 

            Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa hanya pengungkapan SR aspek kinerja sosial (SO) yang konsisten hasilnya yaitu tidak berpengaruh terhadap profitabilitas (ROE). Sedangkan, pengungkapan SR aspek kinerja ekonomi (EC) dan lingkungan (EN) yang semula (2011-2015) berpengaruh, namun pada penelitian ini (2016-2020) hasilnya tidak konsisten.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI