DIGITAL LIBRARY



JUDUL:STRATEGI PENINGKATAN KINERJA APARATUR SIPIL NEGARA (ASN) DALAM PENYUSUNAN SASARAN KINERJA PEGAWAI (SKP) DI LINGKUNGAN PEMERINTAH KABUPATEN TANAH BUMBU
PENGARANG:DAHLIANSYAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-09-29


ABSTRAK

Dahliansyah, 2021, Strategi Peningkatan Kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam Penyusunan Sasaran Kinerja Pegawai (SKP) di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu.Andi Tenri Sompa (Pembimbing I), dan M. Riduansyah Syafari (Pembimbing II)

 

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi peningkatan kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam penyusunan Sasaran Kinerja Pegawai (SKP) di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Tanah Bumbu. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan ASN dalam penyusunan SKP di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Tanah Bumbu. Melalui peneitian ini diharapkan dapat diidenifikasi strategi yang selama ini dilakukan, dievaluasi dan memberikan rekomendasi strategi yang dapat digunakan.

Teori yang digunakan untuk menjawab pemasalahan adalah teori strategi peningkatan kinerja pegawai dalam penyusunan SKP. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan tipe penelitian deskriptif, subjek penelitian adalah Kepala BKD Kabupaten Tanah Bumbu, dengan lokus penelitian yaitu BKD sebagai instansi terbaik dalam penyusunan SKP, dan Dinas Kesehatan sebagai instansi terendah dalam kemampuan penyusunan SKP, jenis data yang digunakan adalah data primer dan sekunder, teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, dokumentasi, dan observasi.

Hasil penelitian ini menujukkan bahwa BKD menerapkan strategi menciptakan iklim organisasi harmonis dan kepemimpinan efektif, sedangkan Dinas Kesehatan menerapkan iklim organisasi harmonis, kepemimpinan efektif, dan pengembangan karir. Berdasarkan perbandingan yang dilakukan, Dinas Kesehatan perlu optimalisasi strategi yang telah dilakukan. Saran yang dapat diberikan bagi Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu adalah guna meningkatkan kemampuan kinerja ASN dalam penyusunan SKP, adalah dengan melakukan optimalisasi pada strategi menciptakan iklim organisasi yang harmonis, optimalisasi peran kepemimpinan yang efektif, dan pengembangan karir ASN.

Kata Kunci :  Strategi, Peningkatan Kinerja, Aparatur Sipil Negara, Sasaran   Kinerja Pegawai, Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI