DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENGEMBANGKAN AKTIVITAS, MOTIVASI DAN ASPEK KOGNITIF ANAK DALAM MENCOCOKKAN BILANGAN DENGAN LAMBANG BILANGAN MELALUI MODEL DILIRIK PADA KELOMPOK B TK NURUL HUDA AMUNTAI UTARA
PENGARANG:NADIYATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-09-29


Nadiyati. 2021.Mengembangkan Aktivitas, Motivasi dan Aspek Kognitif Anak dalam Mencocokan Bilangan dengan Lambang Bilangan Melalui Model DILIRIK pada Kelompok B Nurul Huda Amuntai Utara”. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Dosen Pembimbing Prof. Dr. Hj. Aslamiah, M.Pd., Ph.D.

Kata kunci : Aktivitas, Motivasi, Kognitif, Mencocokkan Bilangan, Model DILIRIK

 

Penelitian ini dilatar belakangi pada rendahnya aktivitas, motivasi belajar dan aspek kognitif anak dalam mencocokkan bilangan dengan lambang bilangan. Hal ini disebabkan aktivitas anak yang cenderung pasif dalam kegiatan pembelajaran, kurangnya semangat dalam belajar dan pembelajaran hanya menggunakan media abstrak sehingga upaya pemecahan masalah dalam penelitian ini melalui model DILIRIK. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas anak, motivasi belajar dan menganalisis hasil pengembangan kognitif anak dalam mencocokkan bilangan dengan lambang bilangan

Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B TK Nurul Huda Amuntai Utara yang berjumlah 5 orang anak (2 anak laki-laki dan 3 anak perempuan). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknis analisis data yang digunakan secara deskriptif, kualitatif, curse tabel yang digambarkan dalam diagram dan grafik dan interpretasi  menggunakan persentase. Indikator keberhasilan penelitian adalah aktivitas guru mencapai kategori “sangat baik”, aktivitas anak persentase82 kategori hampir seluruh anak aktif, motivasi belajar anak persentase82 kategori hampir seluruh anak termotivasi dan hasil pengembangan anak minimal mendapat kategori«««berkembang sesuai harapan

Hasil penelitian  menunjukkan bahwa (1) Aktivitas guru dari pertemuan 1 sampai pertemuan 4 mengalami peningkatan, pada pertemuan ke-4 mendapat skor 28 kriteria “sangat baik”. (2) Aktivitas anak pada pertemuan ke-1 dengan persentase 40% kriteria “sebagian kecil anak aktif” dan pertemuan ke-4 dengan persentase 100% “Seluruh Anak Aktif” (3) Motivasi belajar anak pertemuan ke-1 dengan persentase 40% dengan kriteria “Sebagian Kecil Anak Termotivasi” dan pertemuan ke-4 mencapai 100%“Seluruh Anak Termotivasi”. (4) Hasil Perkembangan kognitif anak pertemuan ke-1 dengan persentase 40% hanya 2 anak yang berhasil berkembang dan pada pertemuan ke-4 mencapai 100% berkembang sangat baik ««««(BSB)

 

Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa kombinasi model DILIRIK dapat meningkatkan aktivitas, motivasi belajar dan hasil kemampuan aspek kognitif anak dalam mencocokkan bilangan dengan lambang bilangan. Disarankan bagi kepala sekolah, guru dan peneliti selanjutnya bahwa hasil penelitian ini dapat dijadikan bahan masukan dan informasi untuk memilih model pembelajaran.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI