DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS KESULITAN MAHASISWA PENDIDIKAN GEOGRAFI UNIVERSITAS LAMBUNG MAGKURAT BANJARMASIN DALAM PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19
PENGARANG:NURJAMILAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-09-29


ABSTRACT

This research is entitled "Analysis of the Difficulties of Geography Education Students of Lambung Magkurat University Banjarmasin in Online Learning during the Covid-19 Pandemic". The scope of the research focuses on how difficult it is for students of the Geography Education Study Program in online learning during the Covid-19 pandemic. The research objective was to describe the difficulties faced by Geography Education Study Program students in online learning during the Covid-19 pandemic. The approach used in this research is a quantitative descriptive approach. The data used in this study were questionnaires and documentation. The analysis technique used is percentage analysis. The results of this study indicate that the internal factors of the students are sufficiently able to adapt to the online learning system, it is evidenced by the independence of students in learning activities, and in external factors the students state that the Lecturer / Lecturer has done their best to provide an explanation and understanding of students in online learning , although for them it would be easier if the learning was done face-to-face. Learning media is important to help them understand the material presented by the teacher. Students also hope that the University will be consistent in providing free quota assistance while online learning is still ongoing.

 

Keywords: Online Learning, Covid-19.

 

INTISARI

Penelitian ini berjudul “Analisis Kesulitan Mahasiswa Pendidikan Geografi Universitas Lambung Magkurat Banjarmasin dalam Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19”. Ruang lingkup penelitian berfokus pada bagaimana kesulitan mahasiswa Program Studi Pendidikan Geografi dalam pembelajaran daring pada masa pandemi Covid-19. Tujuan penelitian adalah untuk menjabarkan kesulitan-kesulitan yang dihadapimahasiswa Program Studi Pendidikan Geografi dalam pembelajaran daring selama masa pandemic Covid-19. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan deskriptif kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa kuisioner dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan yaitu analisis persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam faktor internal mahasiswa cukup mampu untuk beradaptasi dalam sistem pembelajaran daring semua itu dibuktikan dari kemandirian mahasiswa dalam kegiatan pembelajaran, dan dlam faktor eksternal mahasiswa menyatakan Pengajar/Dosen sudah melakukan yang terbaik untuk memberikan penjelasan dan pemahaman terhadap mahasiswa dalam pembelajaran daring, walaupun bagi mereka akan lebih mudah jika pembelajaran dilakukan dengan tatap muka. Media pembelajaran penting untuk membantu mereka memahami materi yang disampaikan pengajar. Mahasiswa juga berharap pihak Universitas konsisten dalam memberikan bantuan kuota gratis selama pembelajaran daring masih berlangsung.

 

Kata Kunci : Pembelajaran Daring, Covid-19.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI