DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN INTEGRASI MODEL DISCOVERY LEARNING DAN TALKING STICK DENGAN MEDIA KONKRET DI SDN SUNGAI TANDIPAH
PENGARANG:WAHIDI ALWI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-09-29


Alwi, Wahidi 2021 Meningkatkan Aktivita dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Integrasi Model Discovery Learning dan Talking Stick dengan Media Konkret Di SDN Sungai Tandipah. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Muhsinah Annisa, S. Si., M.Pd.

 

Kata Kunci: Aktivitias Belajar, Hasil Belajar, Discovery Learning, Talking Stick, Media Konkret.

 

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendah nya aktivitas siswa dan hasil belajar siswa materi kekayaan sumber energi di Indonesia pada mata pelajaran IPA Siswa hanya mengandalkan informasi yang tersedia di buku dan arahan guru, pembelajaran masih terpusat pada guru, guru belum menggunakan variasi model pembelajaran yang dapat meningkatkan partisipasi siswa. Apabila masalah ini terus dibiarkan maka akan berdampak siswa enggan berpartisipasi dan menjadi pasif, siswa kesulitan memahami konsep pembelajaran, siswa kurang aktif dalam pembelajaran dan merasa bosan. Oleh kerena itu, dilakukan upaya untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran menggunakan integrasi model Discovery Learning dan Talking Stick dengan Media Konkret. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru, menganalisis aktivitas siswa dan menganalisis hasil belajar siswa. 

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dengan empat kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV semester genap SDN Sungai Tandipah tahun 2020/2021, jumlah siswa sebanyak 11 siswa. Data yang digunakan berbentuk kualitatif dan kuantitatif, yang diperoleh hasil observasi aktivitas guru dan aktivitass siswa dan hasil belajar yang dilakukan dengan tes tertulis. Adapun indikator keberhasilan dengan kategori sangat baik dan pada aktivitas siswa dinyatakan berhasil mencapai kreteria sangat aktif. Sedangkan pada hasil belajar sudah berhasil mencapai indikator ketuntasan.

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa integrasi model Discovery Learning dan Talking Stick dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa sehingga hipotesis dapat diterima. Disarankan model tersebut dijadikan salah satu alternatif dalam meningkatkan aktivitas siswa yang berdampak pada peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI