DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR FISIKA SISWA SMA PADA TOPIK IMPULS DAN MOMENTUM LINEAR
PENGARANG:LAILA RAHMAWATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-09-29


Media video animasi meningkatkan minat belajar fisika siswa SMA pada topik impuls dan momentum linear karena memberikan dampak peningkatan kesukaan, kepuasan, keterlibatan, dan perhatian siswa selama pembelajaran daring. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media video animasi untuk meningkatkan minat belajar siswa SMA pada mata pelajaran fisika. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan desain penelitian ADDIE yang diuji cobakan pada 8 peserta didik kelas X MIPA 2 SMAN 11 Banjarmasin. Data diperoleh melalui instrumen penilaian validitas media video animasi, angket respon peserta didik, angket minat belajar peserta didik, dan tes hasil belajar. Analisis data diperoleh melalui rata-rata uji validitas, rata-rata skor angket respon peserta didik, uji N-gain pada hasil angket minat belajar, dan uji N-gain pada tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) validitas media video animasi impuls dan momentum linear diperoleh 4,02 dan berkategori valid, (2) kepraktisan media video animasi impuls dan momentum linear diperoleh 3,93 dan berkategori praktis, (3) efektivitas media video animasi impuls dan momentum linear pada minat belajar diperoleh 0,4 dan berkategori sedang, dan efektivitasnya pada hasil belajar diperoleh 0,5 dan berkategori sedang. Diperoleh simpulan bahwa media video animasi yang dikembangkan layak digunakan dan dinyatakan efektif untuk meningkatkan minat belajar dan hasil belajar siswa SMA pada mata pelajaran fisika.

 

Kata kunci: media pembelajaran fisika, video animasi, impuls dan momentum linear, minat belajar fisika.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI