DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pelayanan Kesejahteraan Sosial Masyarakat Melalui Program Bedah Rumah di Desa Sumanggi Kecamatan Batang Alai Utara Kabupaten Hulu Sungai Tengah Kalimantan Selatan
PENGARANG:SAFRATU ILMIAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-09-29


ABSTRAK

 

Safratu Ilmiah, 2021. Pelayanan Kesejahteraan Sosial Masyarakat Melalui Program Bedah Rumah di Desa Sumanggi Kecamatan Batang Alai Utara Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Skripsi Program Studi Pendidikan Sosiologi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing (I) Sigit Ruswinarsih, Pembimbing (II) Laila Azkia.

 

Kata Kunci : Kesejahteraan Sosial, Bedah Rumah, Dampak Sosial

 

Desa Sumanggi merupakan salah satu desa di Kecamatan Batang Alai Utara, dan agak jauh dari pusat kota namun dapat perhatian pemerintah dalam program bedah rumah, yakni program memperbaiki rumah yang dimana masyarakatnya memiliki ekonomi lemah sehingga perlu dibantu. Penelitian ini berfokus pada (1) karakteristik penerima program bedah rumah dan juga (2) dampak sosial bagi penerima program bedah rumah.

Metode yang dilakukan adalah metode kualitatif. Sumber data yang dipilih yaitu dengan cara purposive sampling dengan informan Bapak Arbain, Bapak Jahrani, Ibu Risma, Ibu Miserah dan Ibu Dahlia serta Kepala Desa Sumanggi Bapak Fauzi. Pengumpulan data dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis hasil penelitian menggunakan langkah-langkah reduksi data, display,verification.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Karakteristik penerima program bedah rumah yaitu : dari segi pendidikan, rata-rata tidak sekolah dan hanya sampai lulusan SD, mempunyai pekerjaan hanya menunggu musim buah dan menunggu musim panen padi saja, hanya memperoleh pendapatan maksimal Rp. 300.000,00 perbulan. (2) interaksi penerima bantuan bedah rumah menjadi lebih aktif karena tidak mengkhawatirkan rumah lagi, dan program ini sangat bermanfaat  karena  menjadikan  rumah  yang  tidak  layak  menjadi  layak huni.

Berdasarkan hasil penelitian disarankan agar mengoptimalkan bantuan program bedah rumah dan ditambah dengan bantuan lain misal bantuan beras sebagai program bantuan kesejahteraan masyarakat.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI