DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS KEPUTUSAN KONSUMEN TERHADAP PEMBELIAN RUMAH SUBSIDI (TIPE 36) DI KOTA BANJARMASIN DAN BANJARBARU
PENGARANG:DYAH AYU VERTIKASARI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-09-30


Terbatasnya lahan di kota besar untuk membangun perumahan, fasilitas umum, prasarana dan kebutuhan lainnya menyebabkan harga lahan meningkat dan tidak semua kalangan masyarakat dapat memiliki rumah sendiri. Maka dari itu, pemerintah memiliki program perumahan KPR (Kredit Pemilikan Rumah), namun belum ditunjang dari kualitas dan fasilitasnya. Terdapat ketidakpuasan konsumen terhadap perumahan subsidi yang telah dibangun, sehingga diperlukan analisa pengaruh dari faktor keselamatan rumah, kenyamanan rumah, kesehatan rumah, dan peluang investasi rumah terhadap keputusan konsumen membeli rumah subsidi di Kota Banjarmasin dan Banjarbaru.

Responden dalam penelitian ini adalah pemilik dan penghuni rumah tipe 36 dengan jumlah responden sebanyak 50 orang. Lokasi perumahan Grand Melati Indah terletak di Jalan Melati Indah 8 RT. 10 Kel. Sungai Lulut, Kec. Banjarmasin Timur, Kota Banjarmasin dan perumahan Kampoeng Shafwah Asri terletak di Jalan Pembangunan RT. 3 RW. 2 Kel. Landasan Ulin, Kec. Liang Anggang, Kota Banjarbaru. Variabel independen berupa faktor keselamatan rumah, faktor keyamanan rumah, faktor kesehatan rumah dan faktor peluang investasi rumah, serta variabel dependen berupa keputusan pembelian rumah. Pada penelitian ini digunakan analisis regresi linear berganda dan korelasi parsial dengan bantuan program SPSS 25.0.

Hasil dari uji t dan regresi linear berganda didapat faktor-faktor yang berpengaruh terhadap keputusan pembelian rumah subsidi faktor keselamatan rumah dan faktor kenyamanan rumah.Dari hasil uji korelasi parsial didapat bahwa faktor kenyamanan rumah, khususnya dari indikator perawatan rumah, memiliki pengaruh paling dominan. Semakin mudah perwatan rumah subsidi, maka semakin meningkat keputusan pembelian rumah subsidi di Kota Banjarmasin dan Banjarbaru. Strategi peningkatan keputusan konsumen dalam membeli rumah subsidi berupa lebih diperhatikan pemilihan material, pengawasan, dan metode kerja dari pembangunan rumah subsidi. Sarana dan prasarana seperti jalan akses masuk agar menjadi  perhatian bagi developer agar rumah subsidi yang dibangun sesuai standar dan harapan konsumen.

Kata Kunci: Keputusan Pembelian Rumah, Regresi Linear Berganda, Korelasi Parsial

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI