DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KETAHANAN PENYAKIT BERCAK COKLAT (helminthosporium sp.) PADA PADI BERAS MERAH, PADI BERAS HITAM, LOKAL SIAM DAN UNGGUL CIHERANG
PENGARANG:NORJAMILAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-09-30


 

Penelitian ini bertujuan untuk menguji tingkat ketahanan padi beras merah, padi beras hitam, lokal siam dan unggul Ciherang terhadap penyakit bercak coklat, mengetahui lamanya masa inkubasi dan laju infeksi cendawan Helminthosporium sp. hingga menimbulkan gejala pada tiap padi yang diujikan. Jenis padi yang diuji adalah padi beras merah, padi beras hitam, lokal siam dan unggul Ciherang dengan 6 ulangan, sehingga diperoleh 24 unit percobaan.

Hasil penelitian menunjukkan semua jenis padi uji mempunyai tingkat ketahanan yang sama yaitu kategori rentan. Intensitas penyakit pada padi beras hitam 41,11%, padi beras merah 34,07%, lokal siam 34,07% dan unggul Ciherang 36,56% . Masa inkubasi tercepat terjadi pada lokal siam, diikuti padi beras merah dan padi beras hitam  yaitu pada hari ke 2 inokulasi, dan masa inkubasi yang paling lambat terjadi pada padi unggul Ciherang yaitu pada hari 4 setelah inokulasi. Tiap varietas padi uji memiliki tingkat laju perkembangan penyakit yang berbeda-beda. Pada penelitian ini rata-rata laju perkembangan penyakit paling cepat berturut turut adalah padi beras merah 0,344 unit/ hari, padi beras hitam 0,186 unit/hari, lokal siam 0,115 unit/hari dan unggul Ciherang  0,141 unit/ hari.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI