DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI LUAS SEGITIGA MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER DAN TALKING STICK PADA SISWA KELAS IV SDN SUNGAI RANGAS KABUPATEN BANJAR | |
PENGARANG | : | SITI AISYAH | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2021-09-30 |
Permasalahan yang terjadi di kelas IV SDN Sungai Rangas Kabupaten Banjar
yakni rendahnya hasil belajar siswa yang disebabkan karena pembelajaran yang
cenderung dilaksanakan satu arah, pembelajaran kurang menarik, siswa kurang
berinteraksi satu sama lain, siswa cenderung pasif, siswa jarang mengemukakan
pendapat dan materi terlalu abstrak. Solusi untuk mengatasi permasalahan diatas
adalah dengan melakukan pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik yang
dikombinasi dengan model Numbered Head Together dan Talking Stick. Penelitian
ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan menganalisis
hasil belajar siswa pada materi luas segitiga di kelas IV SDN Sungai Rangas
Kabupaten Banjar.
Penelitian menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis
Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dalam tiga siklus yang masing-
masing terdiri dari dua kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV
semester genap SDN Sungai Rangas Kabupaten Banjar tahun pelajaran 2020/2021.
Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif
diperoleh melalui observasi aktivitas guru dengan indikator keberhasilan skor 21-24
(sangat baik) dan aktivitas siswa dengan indikator keberhasilan ≥82% (sangat aktif).
Data kuantitatif diperoleh melalui teknik pengukuran dengan tes tertulis dan
penilaian secara individual dan klasikal. Analisis data dihitung berdasarkan indikator
ketuntasan belajar secara individu siswa mendapatkan nilai ≥70 dan secara klasikal
≥82% dari siswa mendapatkan nilai ketuntasan ≥70
Hasil penelitian yang telah dilaksanakan menunjukkan hasil aktivitas guru
terlaksana dan mendapat kategori sangat baik, aktivitas siswa dinyatakan berhasil
dengan kategori sangat aktif dan hasil belajar siswa meningkat secara individual dan
klasikal.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa pendekatan
Saintifik yang dikombinasi dengan model pembelajaran Numbered Head Together
dan Talking Stick dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil
belajar siswa materi luas segitiga pada siswa kelas IV SDN Sungai Rangas
Kabupaten. Disarankan kepada kepala sekolah sebagai salah satu alternatif masukan
dalam pembinaan guru. Kepada guru sebagai masukan dalam penggunaan
pendekatan dan model pembelajaran dan kepada peneliti lainnya sebagai salah satu bahan referensi untuk membantu penulisan karya tulis ilmiah atau tugas-tugas
lainnya yang sedang dikerjakan.
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI