DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI LUAS SEGITIGA MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER DAN TALKING STICK PADA SISWA KELAS IV SDN SUNGAI RANGAS KABUPATEN BANJAR
PENGARANG:SITI AISYAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-09-30


Permasalahan yang terjadi di kelas IV SDN Sungai Rangas Kabupaten Banjar 

yakni rendahnya hasil belajar siswa yang disebabkan karena pembelajaran yang 

cenderung dilaksanakan satu arah, pembelajaran kurang menarik, siswa kurang 

berinteraksi satu sama lain, siswa cenderung pasif, siswa jarang mengemukakan 

pendapat dan materi terlalu abstrak. Solusi untuk mengatasi permasalahan diatas 

adalah dengan melakukan pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik yang 

dikombinasi dengan model Numbered Head Together dan Talking Stick. Penelitian 

ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan menganalisis 

hasil belajar siswa pada materi luas segitiga di kelas IV SDN Sungai Rangas 

Kabupaten Banjar.

Penelitian menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis 

Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dalam tiga siklus yang masing-

masing terdiri dari dua kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV 

semester genap SDN Sungai Rangas Kabupaten Banjar tahun pelajaran 2020/2021. 

Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif 

diperoleh melalui observasi aktivitas guru dengan indikator keberhasilan skor 21-24 

(sangat baik) dan aktivitas siswa dengan indikator keberhasilan ≥82% (sangat aktif). 

Data kuantitatif diperoleh melalui teknik pengukuran dengan tes tertulis dan 

penilaian secara individual dan klasikal. Analisis data dihitung berdasarkan indikator 

ketuntasan belajar secara individu siswa mendapatkan nilai ≥70 dan secara klasikal 

≥82% dari siswa mendapatkan nilai ketuntasan ≥70

Hasil penelitian yang telah dilaksanakan menunjukkan hasil aktivitas guru 

terlaksana dan mendapat kategori sangat baik, aktivitas siswa dinyatakan berhasil 

dengan kategori sangat aktif dan hasil belajar siswa meningkat secara individual dan 

klasikal. 

Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa pendekatan 

Saintifik yang dikombinasi dengan model pembelajaran Numbered Head Together 

dan Talking Stick dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil 

belajar siswa materi luas segitiga pada siswa kelas IV SDN Sungai Rangas 

Kabupaten. Disarankan kepada kepala sekolah sebagai salah satu alternatif masukan 

dalam pembinaan guru. Kepada guru sebagai masukan dalam penggunaan 

pendekatan dan model pembelajaran dan kepada peneliti lainnya sebagai salah satu bahan referensi untuk membantu penulisan karya tulis ilmiah atau tugas-tugas

lainnya yang sedang dikerjakan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI