DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Penerapan Metode Activity Based Costing dalam Menentukan Harga Sewa Kamar pada Queen City Hotel Banjarmasin
PENGARANG:Mira Permata Eriani
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-09-30


ABSTRAKSI

Mira Permata Eriani (2021), Penerapan Metode Activity Based Costing Dalam Menentukan Harga Sewa Kamar Pada Queen City Hotel Banjarmasin tahun 2019. Pembimbing : Dr. H. Fahmi Rizani, Drs, MM, Ak, CA, CPA

MetodeActivity-BasedCostingSystemadalahsebuahmetodeyangmenerapkankonsepakuntansibiayauntukmenentukanhargadenganlebihakurat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan perhitungan hargapokoktarifkamarhoteldenganmenggunakanmetodetradisionaldanmenggunakanmetodeActivity-Based CostingSystem.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari perhitungan harga pokok tarifkamar hotel dengan menggunakan metode Activity-Based Costing System, apabiladibandingkandenganhargapokoktarifkamaryangdigunakanpihakQueen City Hotel Banjarmasin padaperhitungan metode Activity-Based Costing System memberikan hasil yang lebihkecildaripadahargapokokkamaryangtelahditetapkanolehpihakhotelsebelumnya.

Terjadinyaselisihhargalebihkecilhalinidisebabkankarenapadametode Activity-Based Costing System, biaya overhead masing-masing produkdibebankanpadabanyakcostdriversehinggametodeActivity-BasedCostingSystem telah mampu mengalokasikan biaya aktivitas ke setiap kamar secara tepatberdasarkankonsumsimasing-masingaktivitas.

Kata Kunci : Harga Pokok Kamar Hotel, Acitivity Based Costing System

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI