DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI PENYAJIAN DATA MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING, DIKOMBINASIKAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN GROUP INVESTIGATION (GI) KELAS V SDN JELAPAT BARU BARITO KUALA
PENGARANG:HARTATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-09-30


Hartati, 2021. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Penyajian Data Melalui Model Cooperative Learning, Dikombinasikan Problem Based Learning (PBL) Dan Group Investigation (GI) Kelas V SDN Jelapat Baru Barito Kuala. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: Drs. Sutiyarso, S.Pd, M.Pd.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Penyajian Data, Cooperative Learning, Problem Based         Learning (PBL), Group Investigation (GI)

            Latar belakang pada penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas 5 pada materi penyajian data. Hal tersebut dapat dilihat berdasarkan hasil belajar yang diperoleh siswa kelas 5 SDN Jelapat Baru pada mata pelajaran matematika tahun pelajaran 2019/2020 yang hanya memperoleh 45% siswa yang tuntas, penyebabnya dikarenakan banyak siswa yang pasif dalam pembelajaran. Maka dari itu peneliti menggunakan  model Cooperative Learning, Dikombinasikan Problem Based Learning (PBL) dan Group Investigation (GI), dengan tujuan untuk mengetahui kualitas aktivitas guru, aktivitas siswa dan untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

            Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dengan 2 siklus, yang disetiap siklus terdapat 2 kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 5 SDN Jelapat Baru tahun pelajaran 2020/2021 dengan jumlah siswa 25 orang yang terdiri dari 13 orang laki-laki dan 12 orang perempuan. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif yang diperoleh melalui observasi aktivitas guru dan siswa. Data kuantitatif diperoleh melalui teknik pengukuran dengan tes tertulis secara individu. Analisis data dengan teknik descriptif analisis yang disajikan dalam tabel dan grafik di interpretasi dengan persentase dan indikator ketuntasan belajar yang ditetapkan.

           Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan model Cooperative Learning, dikombinasikan Problem Based Learning (PBL) dan Group Investigation (GI) pada materi penyajian data dapat terlaksana dengan baik. Hasil observasi aktivitas guru pada siklus 1 yaitu 70,83 (Baik) menjadi 87,5 (Sangat baik) pada siklus II. sedangkan hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I yaitu 66,6(aktif) dan meningkat menjadi 84,1 (Sangat aktif) pada siklus 2. 2) Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari persentase ketuntasan klasikal siswa pada siklus I yaitu 68% (Baik) dan meningkat menjadi 88% (Sangat baik) pada siklus II.

            Berdasarkan hasil penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran model pembelajaran Cooperative Learning, Dikombinasikan Problem Based Learning (PBL) Dan Group Investigation (GI) dapat meningkatkan hasil belajar, khususnya pada materi penyajian data. Diharapkan dengan penggunaan model tersebut dapat dijadikan salah satu alternatif dalam meningkatkan hasil belajar.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI