DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI BANGUN DATAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) DIKOMBINASIKAN DENGAN MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS IV SDN 5 SYAMSUDIN NOOR BANJARBARU
PENGARANG:ISTIQOMAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-09-30


 

ABSTRAK

 

 

 

Istiqomah, 2021. Meningkatkan Hasil Belajar Materi Bangun Datar Menggunakan Model Pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) Dikombinasikan Dengan Make A Match Pada Siswa Kelas IV SDN 5 Syamsudin Noor Banjarbaru. Skripsi Program Studi PGSD Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Drs. Sutiyarso, M.Pd.

 

 

 

Kata Kunci : Hasil Belajar , Realistic Mathematic Education (RME), Make A Match.

 

Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurangnya partisipasi keaktifan siswa dalam proses pembelajaran yang berdampak pada rendahnya hasil belajar yang diperoleh siswa. Hal ini disebabkan karena siswa kesulitan dalam memahami konsep dari pembelajaran matematika yang menyebabkan siswa hampir tidak bisa untuk memecahkan persoalan dalam pelajaran matematika. Kurangnya penggunaan model-model pembelajaran yang inovatif untuk menarik minat siswa dan memaksimalkan pembelajaran, kurangnya kesan makna saat pembelajaran menyebabkan siswa merasa bosan dan tidak tertarik untuk belajar, persepsi merekapun tentang matematika hanya terbatas pada rumus-rumus dan angka-angka yang harus mereka hapal tanpa mereka ketahui kebermaknaanya dalam kehidupan nyata siswa. Oleh karena itu   penggunaan model pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) Dikombinasikan dengan Make A Match dipilih peneliti sebagai solusinya. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui hasil bealajr siswa kelas IV C SDN 5 Syamsudin Noor Banjarbaru.                  Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV C SDN 5 Syamsudin Noor Banjarbaru tahun ajaran 2020/2021, dengan jumlah siswa 29 orang. Pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik observasi aktivitas guru, aktivitas siswa serta hasil belajar melalui sebuah tes pada tiap pertemuannya.                                                               Hasil penelitian pada pertemuan terakhir menunjukkan bahwa aktivitas guru memperoleh skor 20 dengan kriteria sangat baik, kemudian meningkatnya aktivitas siswa secara klasikal mencapai 94% dengan kriteria sangat aktif, serta ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal mencapai 100% tuntas.              Berdasarkan hasil penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan kombinasi model pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) Dikombinasikan dengan Make A Match dapat meningkatkan  hasil belajar siswa materi bangun datar pada siswa kelas IV C SDN 5 Syamsudin Noor Banjarbaru. Disarankan kepada guru, kepala sekolah maupun bagi peneliti lain untuk menggunakan kombinasi model pembelajaran tersebut sebagai rujukan dan alternatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa, serta meningkatkan kualitas proses pembelajaran di sekolah.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI