DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Implementasi Kebijakan Alokasi Dana Desa dalam Program Pembinaan Pkk di Desa Wanasari Kecamatan Sungai Loban Kabupaten Tanah Bumbu
PENGARANG:NI KADEK RINA YUSMAYANTI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-09-30


Ni Kadek Rina Yusmayanti, 1710411620027, 2021. “Implementasi Kebijakan Alokasi Dana Desa dalam Program Pembinaan PKK di Desa Wanasari Kecamatan Sungai Loban Kabupaten Tanah Bumbu”. Di bawah bimbingan Aulia.

Keberadaan Desa secara yuridis formal diakui dalam undang-undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah dan Peraturan Pemerintah No 72 Tahun 2005 tentang Desa. Implementasi kebijakan Alokasi Dana Desa yang dialokasikan oleh pusat, provinsi maupun kabupaten kepada desa melalui Alokasi Dana Desa. Tujuan penelitian ini adalah untuk Mengetahui implementasi kebijakan dana desa di Desa Wanasari Kecamatan Sungai Loban Kabupaten Tanah Bumbu, dan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi kebijakan dana desa di Desa Wanasari Kecamatan Sungai Loban Kabupaten Tanah Bumbu.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Sumber data yang digunakan data primer dari wawancara dan data sekunder berupa laporan-laporan langsung yang terkait dengan penanganan Alokasi Dana Desa, Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik Analisa data menggunakan Teknik yang dirumuskan oleh Miles dan Humberman dalam Afrizal (2017:178) dimana ada tiga tahapan, yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian mengenai Implementasi Kebijakan Alokasi Dana Desa di Desa Wanasari Kecamatan Sungai Loban Kabupaten Tanah Bumbu menujukkan bahwa implementasi kebijakan dalam program Pembinaan PKK berjalan kurang baik. Meskipun beberapa kriteria seperti komunikasi, sumber daya, disposisi/sikap pelaksana, masih terdapat kendala yang terjadi, hal tersebut bukan lah bersifat fatal tetapi masih bisa diperbaiki. Adapun faktor-faktor yang Menjadi Penghambat Implementasi Kebijakan Alokasi Dana Desa di Desa Wanasari Kecamatan Sungai Loban Kabupaten Tanah Bumbu yaitu Kurangnya komunikasi,  Kurangnya sumber daya pelaksana, Belum adanya pembagian tugas.

Penelitian ini merekomendasikan: 1. perangkat desa dan kepala desa agar melakukan sosialisasi secara berkala agar masyarakat mengetahui tentang alokasi dana desa. 2. masyarakat Desa Wanasari untuk selalu mengahadiri sosialisasi atau musrembang.

Kata Kunci: Implementasi, Kebijakan, Alokasi Dana Desa

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI