DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PRESTASI
PENGARANG:HAIRAN MAJIDI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-09-30


ABSTRAK

Majidi, Hairan. 2021. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Dengan Menggunakan Model Prestasi pada kelas SDN Marabahan Baru dikelas IV. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Akhmad Riandy Agusta, M.Pd.

 

Kata Kunci: IPS, Prediction Guide, Group Investigasi, Card Sort.

 

Permasalahan dalam penelitian ini adalah siswa mengalami kesulitan pada  materi Keberagaman di Negeriku sehingga hasil belajar siswa rendah. Hal ini disebabkan karena minimnya variasi pendekatan pembelajaran di kelas, materi yang sulit dipahami siswa dan keterlibatan siswa belum menyeluruh serta didominasi oleh siswa pandai. Solusi untuk masalah tersebut adalah dengan menggunakanmodelPrediction Guide, Group Investigasi, Card Sort. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa, dan meningkatkan hasil belajar siswa matepelajaran IPS.

Setting penelitian ini dilaksanakan di kelas SDN Marabahan Baru dengan jumlah 15 siswa, 8 laki-laki dan 7 perempuan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengambilan data dengan cara observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa, untuk mengetahui hasil belajar siswa dilakukan tes tertulis di akhir pembelajaran. Indikator keberhasilan aktivitas guru apabila mencapai skor ≥34 dengan kriteria “Sangat Baik”, aktivitas siswa selama 3 pertemuan mengalami peningkatan 93,33% secara klasikal mencapai ≥82%siswa berada pada kriteria Aktif dan Sangat Aktif, hasil belajar selama 3 pertemuan mengalami peningkatan 93,33%secara klasikal mencapai ≥80% siswa memperoleh nilai ≥70.

Hasil penelitian menunjukkan aktivitas guru pada pertemuan terakhir meningkat menjadi Sangat Baik. Aktivitas siswa pada pertemuan terakhir berada pada kriteria Sangat Aktif. Ketuntasan hasil belajar siswa pada pertemuan terakhir terlihat mencapai ketuntasan secara klasikal .

Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa aktivitas guru terlaksana dengan sangat baik, terjadi peningkatan aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa dengan menggunakan modelmodelPrediction Guide, Group Investigasi, Card Sort, sehingga dapat disarankan kepada guru untuk dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam strategi pembelajaran kooperatif tentang matapelajaran IPS di kelas IV untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI